News

Bupati Resmikan SPBU Purworejo Jalur Selatan

Semakin berkembangnya Purworejo pada jalur selatan yang lebih dikenal jalan daendels, tumbuh juga berbagai usaha seperti rumah makan, kios-kios buah, bibit tanaman lokal, dan berbagai usaha lain. Bahkan yang baru saja diresmikan Bupati Agus Bastian SE MM yakni Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), milik PT Eka Karya Astajaya di jalur daendels yang masuk dalam wilayah Desa Kentengrejo Kecamatan Purwodadi. 

Peresmian yang dilaksanakan pada Sabtu (21/7) ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan pengisian BBM pada mobil dinas Bupati bernomor AA 1 C. Hadir pula Kepala Migas Yogyakarta Drs Siswanto, sejumlah Kepala dinas instansi, Muspika, dan masyarakat sekitar.
Dalam sambutannya Bupati mengatakan, belum adanya SPBU di jalan Daendeles maka sangat tepat didirikan SPBU di jalur Selatan. Jalur Purworejo bagian selatan, terus mengalami perkembangan seiring dinamika wilayah. Jalur Daendels merupakan jalur alternatif yang memanjang di pesisir selatan pulau Jawa. Sehingga jalur sangat membantu mengurai kemacetan di jalur utara maupun tengah, terutama pada saat ramai seperti arus mudik hari raya, baik Lebaran, maupun Natal dan Tahun Baru.
Dikatakan, seiring dengan rencana pemerintah yang akan membangun bandara internasional New Yogyakarta International Airport di wilayah Kabupaten Kulonprogo, jalur Deandels terus diperbaiki dan diperlebar. Selain  mulus dan lebar layaknya jalan tol, jalur ini juga belum sepadat jalur utara atau jalur tengah. Maka infrastruktur maupun sarana prasarana di sepanjang jalur ini, harus terus dikembangkan dan dilengkapi sesuai kebutuhan.  Termasuk keberadaan SPBU. Sedangkan rencana Pemkab Purworejo kedepan Purworejo bagian selatan  akan menuju kota industri, kota pariwisata seperti pembangunan pelabuhan laut dalam, pemandangan pantai, dll,“ jelas Bupati.
Kepala Migas Yogyakarta Drs Siswanto menegaskan, setiap SPBU sudah ada peraturannya. Untuk itu agar mentaati peraturan yang ada. Salah satu diantaranya pengisian BBM secara tepat dan benar. “Jangan main-main, karena ada sanksinya bahkan sangat berat bisa dikenai denda hingga 1 Milyar rupiah. Maka bagi petugas yang melayani pengisian BBM untuk hati-hati dalam melakukan pengisian, harus sesuai takarannya,” tandasnya.  
Sementara itu Direktur PT Eka Karya Astajaya Tugiman Wijono menuturkan, pendirian SPBU Kentengrejo diilhami dari ide almarhum mantan Bupati Purworejo Kelik Sumrahadi yang pada saat itu menginginkan adanya SPBU di jalur selatan. “Namun karena waktu itu situasi jalur selatan belum ramai maka belum bisa disanggupi. Karena sekarang sudah ramai maka kita bangun SPBU Kentengrejo ini. Meski SPBU sudah beroperasi namun fasilitas pendukung seperti toilet, res area, dan tempat ibadah belum tersedia dan masih dalam proses pengerjaan tahap kedua,“ ujarnya.

Berita Terpopuler

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah
News

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah

Kamis, 28 Februari 2019

pemerintahan


Pramuka Agar Teladani Baden Powell
News

Pramuka Agar Teladani Baden Powell

Selasa, 26 Februari 2019

pemerintahan


Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota
News

Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota

Selasa, 05 Maret 2019

pemerintahan