News

Perlunya Evaluasi Sudahkah Jadi Pemimpin Yang Baik

Pemimpin yang baik dan bijak sangat diperlukan. Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mendayagunakan Sumberdaya Manusia (SDM) dan Sumberdaya Alam (SDA) serta sarana dan prasarana secara baik untuk mencapai tujuan. Ini sangatlah diperlukan, agar dipedomani ketika suatu saat pada kader dipercaya menjadi pemimpin formal maupun.non formal. Dan bagi yang kini sudah menjadi  pemimpin, untuk menjadi bahan evaluasi diri, apakah sudah menjadi pemimpin yang baik di lingkungannya.

Hal tersebut ditandaskan Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo yang diwakili Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon pada pembukaan kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi Ketua TP PKK desa binaan oleh TP PKK Kabupaten Purworejo, di gedung Sasana Kriya Komplek Pendopo Kabupaten Purworejo hari ini (20/7). Hadir pula sebagai narasumber Dra Titik Mintarsih MMPd, dan Ny Hartiti Soekoso.  

Lebih lanjut Ny Erna Said mengatakan, pemimpin di zaman sekarang dituntut juga memiliki pengetahuan yang luas, dan senantiasa dapat mengikuti perkembangan masalah kenegaraan dan kmasyarakatan. Dengan demikian, ‘budaya baca’ tetap menjadi penting dalam upaya menghangatkan pengetahuan kita. Kecuali itu dituntut pula ketrampilan khusus, termasuk penggunaan alat-alat canggih, seperti computer, internet.

“Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dipimpinnya juga menjadi penting karena yang dipimpin adalah sesama manusia, yang memiliki karakter dan aspirasi yang berbeda-beda. Kapan harus bertindak lembut dan kapan harus bertindak tegas merupakan bagian tersendiri dari ‘seni’ memimpin itu sendiri, yang tidak cukup dipelajari dalam teori, namun harus dihayati di lapangan,” tutur Ny Erna Said.

Menurutnya, kelaziman untuk melaksanakan suatu kegiatan setidaknya ada 6 unsur penting dalam suatu organisasi yakni, perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaaan (actuating), pengawasan (controlling),  penilaian (evaluating), dan kepemimpinan (leadership). “Dengan kepemimpinan yang baik tentu organisasi akan mencapai tujuannya dengan optimal. Melalui pelatihan kepemimpinan ini, peserta akan lebih mendalami banyak hal tentang apa dan bagaimana seorang pemimpin. Maka sebagai kader-kader PKK di tingkat kecamatan, desa, kelurahan, pengetahuan tentang kepemimpinan sangat dibutuhkan. Untuk itu saya berharap hasil dari pelatihan ini nantinya dapat diterapkan di lingkunganan jajaran PKK masing-masing,” pinta Ny Erna Said.

Sementara itu Ny Hartiti Soekoso menjelaskan, peserta pelatihan sebanyak 50 orang, terdiri 32 orang utusan TP PKK 16 kecamatan, 4 orang utusan 2 desa P2MBG, dan 14 orang unsur TP PKK kabupaten. Sedangkan tujuan pelatihan, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader-kader PKK tentang kepemimpinan yang baik, Juga meningkatkan kemampuan memimpin para peserta di saat tampil sebagai unsur pimpinan. Materi yang disampaikan yakni kiat pemimpin sukses, dan kemimpinan secara umum.

Berita Terpopuler

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano
News

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano

Kamis, 22 Agustus 2019

Ditengah kesibukan dan jadwalnya yang padat, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM kembali menyempatka....


Upacara peringatan HUT ke 74 RI Di Purworejo Berlangsung Khidmat
News

Upacara peringatan HUT ke 74 RI Di Purworejo Berlangsung Khidmat

Rabu, 21 Agustus 2019

Upacara peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Purworejo dipusatkan di Alun-alun ....


Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah
News

Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah

Rabu, 21 Agustus 2019

Karnaval umum berlangsung meriah