News

Perekonomian Bagus Cahaj Purworejo Meningkat

Bupati Agus Bastian SE MM menatakan, di Kabupaten Purworejo tercatat rata-rata setiap harinya ada 5 sampai 10 orang mendaftar di Kantor Kementerian Agama untuk memperoleh porsi haji. “Ini menunjukkan kesadaran yang tinggi juga didukung peningkatan ekonomi yang bagus serta pendapatan masyarakat muslim yang lebih baik,” tutur Bupati pada pelepasan jamaah calon haji di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (18/7). Selain Bupati juga hadir Ketua DPRD Luhur Pambudi ST MM, Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Kapolres, Sekda Drs Said Romadhon, Ny Fatimah Verena Prihastyari SE.

 

Lebih lanjut Bupati mengatakan, dalam penyelenggaraan pendaftaran dan penyediaan kuota haji yang dilakukan oleh pemerintah sekarang ini, ada realitas permasalahan yang tidak dapat dihindarkan. Antara lain panjang atau lamanya antrian berangkat haji, tercatat masa tunggu atau antrian berangkat haji sudah mencapai 21 tahun lebih lamanya. Oleh karena itulah Bapak Ibu semuanya termasuk orang-orang yang terpilih, sehingga pada tahun ini dipanggil untuk dapat berangkat haji. Dan kesemuanya itu sudah seharusnya kita syukuri, dengan mempersiapkan fisik dan mental sebaik-baiknya, agar dapat maksimal dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji.
“Saya berpesan kepada para jamaah sekalian, selama berada di tanah suci agar selalu menjaga kesehatan. Kepada petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) maupun Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), saya harapkan untuk dapat mengerjakan tugas melayani jamaah dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” harap Bupati.
Sementara itu Bambang sucipto menjelaskan, keseluruhan calon jamaah haji asal Kabupaten Purworejo yang akan berangkat tahun ini sebanyak 730 jamaah. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang memberangkatkan 661 jamaah. Jumlah calhaj perempuan mencapai 374 orang, lebih banyak dibanding pria yang berjumlah 356 orang. Sedangkan calhaj termuda berusia 23 tahun yakni Vivi Kusumadewi binti Edi Dwiyantoro, warga Pangenjurutengah RT 01/03 Purworejo, dan yang tertua berusia 84 tahun yakni Amat Muhroji bin Mulyorejo, warga Mangunjayan RT 02/01 Butuh. 
Dijelaskan, pemberangkatan akan dibagi dalam tiga kloter, masing-masing kloter 35, 37, dan 38. Kloter 36 dijadwalkan masuk asrama haji ada tanggal 27 Juli 2018 pukul 09.00. Untuk kloter 37 akan masuk asrama haji tanggal 27 Juli pukul 11.00. Sedangkan Kloter 38, masuk asrama tanggal 28 Juli pukul 06.00 WIB. “Untuk satu orang calhaj yang sedianya akan diberangkatkan gagal lantaran meninggal dunia, jamaah tersebut atas nama Sameni bin Amat Rajiman, warga Kedungsari RT 02/02 Purworejo. Selain itu terdapat jamaah mutasi keluar Purworejo 3 orang dan masuk ke Purworejo 2 orang. Sehingga seluruhnya 730 calon haji,  termasuk 4 TPHD dan 2 TKHD,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano
News

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano

Kamis, 22 Agustus 2019

Ditengah kesibukan dan jadwalnya yang padat, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM kembali menyempatka....


Upacara peringatan HUT ke 74 RI Di Purworejo Berlangsung Khidmat
News

Upacara peringatan HUT ke 74 RI Di Purworejo Berlangsung Khidmat

Rabu, 21 Agustus 2019

Upacara peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Purworejo dipusatkan di Alun-alun ....


Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah
News

Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah

Rabu, 21 Agustus 2019

Karnaval umum berlangsung meriah