News

Pemda Peringati Nuzulul Quran Sekaligus Buka Bersama Anak Yatim

Pemerintah Kabupaten Purworejo menggelar peringatan nuzulul qur’an dan buka bersama anak yatim, yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jum’at (1/6). Hadir Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH beserta seluruh jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD, dan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa peringatan Nuzulul Qur’an merupakan wahana introspeksi diri (muhasabah) untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan terhadap ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al Qur’an.

Al Quran, lanjutnya, diturunkan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam agar menjadi rahmat bagi semua umat manusia, menjadi sumber segala ilmu pengetahuan, serta membimbing kita semuanya menjadi lebih baik.

“Pada malam Nuzulul Quran, kita diingatkan untuk semakin bersemangat bertadarus, untuk semakin khusyuk sholat tahajud, untuk semakin lama i’tikaf di masjid, dan untuk semakin mempertebal kesalehan sosial kita,” katanya.

Bupati menambahkan bahwa setiap  muslim  diingatkan  bahwa  akal  adalah  karunia  yang  sangat  penting  di  antara  karunia yang  diberikan  Allah  kepada  manusia. Namun  akal  semata,  tidak  akan  pernah  bisa  membawa manusia  kepada  kesejahteraan  dan  kebahagiaan  yang  hakiki. 

Oleh  karena  itu,  kepada  manusia diberikan   hidayah   agama   yang   menjadi   pedoman   yang   pasti   dalam   menjalankan tugas kekhalifahan di muka bumi.

Al Qur’an juga mengajarkan tanggung jawab sosial kepada setiap orang yang memiliki harta dan kekayaan, untuk membantu kaum dhuafa, agar dapat keluar dari lingkaran kemiskinan.

“Kita diwajibkan untuk menyantuni mereka dengan mengeluarkan zakat, serta anjuran memberikan infak dan sodaqah. Melalui zakat, infaq, dan sodaqah itulah, kita dapat ikut mengentaskan kemiskinan, dan menolong saudara-saudara kita yang masih dalam kekurangan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, sebanyak 254 anak yatim piatu mendapatkan santunan dan bingkisan dari Bupati Purworejo. Pada peringatan nuzulul qur’an tersebut juga diisi tausiah singkat oleh Pengasuh Ponpes An Nawawi Berjan KH Achmad Chalwani dan disini doa oleh Ketua FKUB Purworejo KH R Junaidi Jazuli.

 

 

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan