Guru TK Kabupaten Purworejo jadi Artis Video Klip Pantai Jatimalang

Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) se Kabupaten Purworejo membintangi video klip lagu berjudul Pantai Jatimalang karya Kak Sinung, produser asal Purworejo. Dengan pembuatan video ini, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Purworejo akan segera dikenal melalui media digital. Lagu tentang Pantai Jatimalang mengajak masyarakat untuk berwisata ke Pantai Jatimalang dan menikmati kuliner yang ada di sana sebagai ciri khasnya.

Dalam produksi video klip, para guru TK ini menjadi talent sebagai penari dengan latar pantai. Sebelumnya, para guru telah tergabung dan terlatih dalam tim kreasi gerak dan lagu. Produksi lagu dilaksanakan di Pantai Jatimalang pada Minggu (15/04) diikuti puluhan guru TK se-Kabupaten.  Peran IGTKI dalam pembuatan video ini bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata kepada anak-anak. Dengan video ini juga dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tematik yang diajarkan di sekolah.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Gita Yuristiana, S.Sos, MM mengungkapkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya. Pihaknya sangat mendukung kegiatan karena dapat memperkenalkan adanya destinasi wisata alam dan wisata kuliner di Kabupaten Purworejo serta membantu dalam pembelajaran bagi anak TK dan PAUD. Untuk selanjutnya, diharapkan anak-anak PAUD dapat lebih mengenal wisata di Kabupaten Purworejo sejak dini.

Pembuatan video ini dilakukan selama tiga hari mulai 13-15 April 2018 bersamaan dengan pembuatan video klip lagu-lagu destinasi wisata dan kuliner tentang Purworejo lainnya. Produksi dilakukan di beberapa tempat seperti Alun-Alun Kota Purworejo, Museum Tosan Aji, Bedug Pendowo, Desa Bruno, dan deretan Pantai Selatan di Purworejo.

Meski persiapan hanya dilakukan dalam beberapa hari setelah keputusan pembuatan lagu yang hanya dua hari, namun pelaksanaan pengambilan gambar berjalan dengan lancar. Kendala yang dilalui dapat terkondisikan berkat kerjasama antar talent dan tim produksi. Selanjutnya masih ada dua lagu lagi tentang PAUD dan guru PAUD yang akan diproduksi pada 21 dan 22 April 2018.