Seputar Pemerintahan

Critical Voice Point Periode III, Pilkada Sebagai Upaya Membangun Kepemerintahan Yang Baik dan Efektif

Senin, tanggal 26 Maret 2018, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo kembali menggelar kegiatan Critical Voice Point (Forum Komunikasi Dengar Aspirasi Publik), kegiatan ini yang ketiga kalinya. Critical Voice Point yang digelar rutin setiap bulannya di Pendopo Kabupaten Purworejo merupakan Forum Komunikasi Dengar Aspirasi Publik yang dimanfaatkan oleh Bupati Purworejo dan jajarannya dalam menampung dan menyerap berbagai informasi baik bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

Pada kesempatan CVP Periode III ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo mengambil tema Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018: Sebagai Upaya Membangun Kepemerintahan Yang Efektif, dengan menghadirkan narasumber Drs. Bambang Purwoko, MA (Dosen Departemen Politik dan Pemerintahan Fakultas ISIPOL Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). Bambang Purwoko menyampaikan dalam paparannya bahwa, ”Mahar politik pada Pemilihan Kepala Daerah sangat mahal, sehingga masyarakat diharapkan menjamin bahwa hasilnya Kepala Daerah terpilih tidak “mencuri” dari APBD untuk membayar hutang-hutang politiknya”. Disampaikan pula bahwa Kepemerintahan Yang Efektif dapat terwujud apabila terpilih Kepala Daerah yang ACC yaitu Acceptance (diterima oleh masyarakat), Concept (memiliki konsep membangun daerah dan mensejahterakan masyarakatnya), dan Competence (memiliki kemampuan leadership dan manajerial).

Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE.,MM. dalam kesempatan mengakhiri acara sekaligus memberikan stressing pada CVP Periode III ini menyampaikan apresiasi kepada warga masyarakat yang hadir dan disebut sebagai bentuk keterwakilan rakyat sesungguhnya. Agus Bastian menyadari sesungguhnya apa yang disampaikan oleh narasumber bahwa money politics tidak hanya dikenal pada era sekarang ini tetapi dari dahulu praktek semacam ini telah berjalan seperti dicontohkan yaitu pada Pemilihan Kepala Desa yang diwarnai dengan jual beli suara. Himbauan Bupati dalam tahun politik ini, agar seluruh warga masyarakat Purworejo yang memiliki hak pilih dapat berperan aktif untuk ikut mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 27 Juni 2018, dengan aman dan damai sehingga terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi warganya.

Berita Terpopuler

Bupati Mutasi dan Rotasi 27 ASN Pemkab Purworejo
Seputar Pemerintahan

Bupati Mutasi dan Rotasi 27 ASN Pemkab Purworejo

Jumat, 05 Juli 2019

Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemkab Purworejo menerima putusan mutasi dan promosi....


Dua Duta Arsiparis Purworejo Maju Lomba Arsiparis Teladan Tingkat Nasional
Seputar Pemerintahan

Dua Duta Arsiparis Purworejo Maju Lomba Arsiparis Teladan Tingkat Nasional

Jumat, 02 Agustus 2019

Dua Duta Arsiparis dari Purworejo maju mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti Pemilihan Arsip....