Seputar Aneka Ragam

38 MI Swasta Akan Direhabilitasi

         Kepastian tesebut disampaikan Kepala Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama, Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah, Drs Khoirudin MA, di sela-sela Sosialisasi bantuan rehabilitasi ruang kelas MI swasta Propinsi Jawa Tengah. Sosialisasi yang diikuti kepala MI swasta dan komite sekolah, berlangsung di pendopo rumah dinas bupati, Kamis (29/10).
          Selain Purworejo, bantuan rehabilitasi diberikan kepada Kebumen 97 MI terdiri 107 paket, Kabupaten Magelang 303 MI terdiri 307 paket, dan Kota Magelang 2 MI terdiri dari 4 paket. Total berjumlah 440 MI swasta yang terdiri 471 paket, dimana tiap paket mendapat dana Rp 91.500.000.
          Dikemukakan bahwa rencana rehabilitas ruang kelas MI swasta di Purworejo dilaksanakan bersamaan di 3.500 MI swasta se Jawa Tengah, dengan jumlah paket mencapai 4.100 lebih. Total dana yang dialokasikan sebesar Rp 385 milyar. Sedangkan pelaksanaan rehabilitasi, dengan sistem swakelola.
          Prosentase kegiatan pada awalnya 70% untuk fisik, dan 30 untuk sarana perpustakaan. Kemudian pihaknya mengusulkan agar seluruhnya dipergunakan untuk kegiatan fisik, namun usulan tersebut ditolak oleh Departemen Keuangan. Kemudian pihaknya masih mengusulkan ke Depertmen Agama, namun belum ada jawaban. Sehingga apabila dana tersebut sudah cair, untuk sementara pelaksanaan mengacu 70% : 30%.
         Mengingat pelaksanaannya dengan swakelola, ia berharap agar melibatkan masyarakat sekitar. Dalam kepanitiaan, agar melibatkan kepala desa, komite sekolah dan pihak kecamatan. Sehingga apabila dana bantuan pemerintah kurang, bisa ditambah melalui swadaya masyarakat.
“Ini bukan berarti bagi-bagi honor, tetapi lebih condong mengutamakan tranparansi. Kepala sekolah sendiri jangan berharap honor, mengingat hal ini pada hakekatnya, hanya kegiatan titipan,”tandasnya. 
         Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut selesai pada akhir tahun 2009 ini. Namun mengingat swakelola, maka bila ada keterlambatan paling lama 2 bulan, pihaknya masih bisa memberi toleransi

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....