Seputar Aneka Ragam

Bupati-Wakil Bupati Bahu Membahu Tanam Trembesi dan Bungur

 

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Purworejo, Mulyono, di sela-sela penanaman mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut salah satu dari program pemkab untuk memperindah dan memperindang kawsan kota, khususnya seputar alun-alun. Jenis tanaman yang ditaman trembesi sebanyak 26 batang dan bungur lebih dari 70 batang. Trembesi ditanam disisi utara dan selatan alun-alun, masing-masing 13 batang. Disamping itu juga disela-sela tanaman yang ada ditanami bungur. Sedangkan sisi barat dan timur ditanama bungur, masing-masing sisi 30 batang.

“Tanaman tersebut pilihan Pak Bupati. Karena kedua jenis tanaman tersebut memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya untuk tanaman trembesi mampu hidup sangat lama bahkan bisa ratusan tahun, dahannya sangat rindang, daya serap airnya tinggi. Sedangkan bungur disamping lebih tahan terhadap kekurangan air, bunganya sangat bagus. Bunganya sangat banyak hampir setiap dahan tumbuh bunga dengan warna ungu. Bunga-bunga inilah yang akan mempercantik seputar alun-alun seperti taman bunga,” katanya.

Seiring tumbuhnya kedua jenis tanaman tersebut, tanaman yang sudah besar khususnya palem raja, akan dikurangi secara bertaap. Disamping memberikan ruang tumbuh kedua jenis tanaman yang baru itu, juga mengurangi resiko roboh. Khususnya palem raja yang sudah tinggi, bahkan beberapa tanaman sudah diijinkan bupati untuk ditebang saat ini, dengan pertimbangan keamanan.

Penaman kedua jenis tanaman itu juga akan dilakukan di alun-alun Kutoarjo. Rencananya akan minggu depan, dengan jumlah trembesi 20 batang, bungur 10 batang. Ditambahkan bahwa, kegiatan terseut dananya bersumber dari APBD Kabupaten Purworejo tahun 2012. Usai menanam trembesi, bupati sempat mencoba mesin pemotong rumput di alun-alun

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....