Seputar Aneka Ragam

HAG Kemenag Ke 67 Diperingati

Hal itu dikatakan Menteri Agama Suryadarma Ali dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, pada upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 67, di lapangan Cangkrep Lor, Kamis (3/1). Upacara diikuti jajaran Kementerian Agama se Kabupaten Purworejo.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam beberapa aspek yang dapat langsung terukur, pencapaian kinerja Kementerian Agama cukup membanggakan, misalnya lembaga pendidikan yang dikelola. “Kementerian Agama tidak lagi dipandang sebagai lembaga pendidikan kelas dua. Tidak sedikit lulusan madrasah dan pesantren yang mampu menembus perguruan tinggi negeri unggulan baik di dalam maupun di luar negeri,” ungkapnya.

Diungkapkan bahwa nilai rata-rata Ujian Nasional Madrasah Tsanawiyah tahun 2012 secara nasional lebih baik dari nilai rata-rata Sekolah Menengah Pertama. Perguruan Tinggi Agama Negeri setingkat Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi berkembang pesat sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

Adapun menyangkut kerukunan antarumat beragama sebagai upaya mengelola kemajemukan bangsa, diungkapkan bahwa sesungguhnya Indonesia diakui sebagai kiblat toleransi dan kerukunan beragama di dunia. “Namun dalam masyarakat-bangsa kita yang demokratis, egaliter dan menghormati Hak Asasi Manusia, masih diperlukan kesadaran untuk menjunjung tinggi etika kerukunan, seperti sikap tenggang-rasa antar-komunitas pemeluk agama, tidak menjadikan umat yang telah memeluk suatu agama tertentu sebagai sasaran penyebaran agama lain, menghormati kesucian tempat ibadah, kitab suci, dan simbol keagamaan dari tindakan penodaan dan sebagainya,” katanya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....