Seputar Aneka Ragam

Hari Bakti Rimbawan Dipusatkan di Keburuhan

 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Suhar mengingatkan bahwa sumberdaya hutan kita, tidak saja menjadi aset bangsa, tetapi juga menjadi aset dunia. Karena umat di seluruh dunia sekarang ini, meyakini bahwa hutan tidak hanya memiliki fungsi sosial-ekonomi dan sosial-budaya, tetapi juga mempunyai fungsi ekologis, yang peranannya sangat vital bagi kelestarian lingkungan hidup.

Oleh karena itu, menurutnya, peranan lembaga yang menangani Kehutanan menjadi sangat penting, dalam menjaga kelestarian fungsi hutan agar tetap optimal. “Sehubungan dengan itu, tugas yang terbeban pada pundak rimbawan, baik sebagai individu maupun dalam suatu organisasi menjadi semakin berat, luas, dan kompleks, namun mulia,” ungkapnya.

Selama 30 tahun usia rimbawan dalam mengabdikan diri dalam pembangunan kehutanan, berbagai perkembangan dan perubahan memang telah terjadi. Banyak kemajuan yang telah kita capai, tetapi kekurangannya pun pasti ada. Namun demikian dengan kemauan yang keras dan semangat yang tinggi, rimbawan Indonesia harus selalu berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan atau kekurangan yang terjadi.

Menurutnya, permasalahan pembangunan kehutanan sekarang ini semakin kompleks, tidak hanya masalah teknis, tetapi juga sosial, ekonomi, dan persoalan lain seperti perluasan daerah. Sementara itu, pertambahan penduduk tidak pernah berhenti, dan kebutuhan hidup terus meningkat, sedangkan luas kawasan hutan tidak pernah bertambah, tetapi justru semakin berkurang.

“Menghadapi kenyataan ini, rimbawan Indonesia harus mempunyai konsep yang jelas dan tegas, tentang luas kawasan hutan yang perlu dipertahankan, demi kelangsungan dan kelestarian di muka bumi ini,“ tandasnya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....