Seputar Aneka Ragam

Purworejo Terima KSBM Senilai Rp 436 Juta Dari Kemensos

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Purworejo Drs Istiharjo, menginformasikan bahwa  tahun 2012 Kabupaten Purworejo mendapat alokasi dana untuk kegiatan forum keserasian sosial berbasis masyarakat dari Kementrian Sosial RI. Besarnya dana RP 436 juta, dengan lokasi kegiatan di empat desa. Yaitu Desa Gebang dan Bulus Kecamatan Gebang, Benowo Kecamatan Bener, dan Kelurahan Kesenang Kecamatan Purworejo. Masing-masing desa/kelurahan mendapat dana Rp 109 juta.

Bentuk kegiatan di Desa Benowo, berupa rabat beton sepanjang 800 meter. Kelurahan Keseneng untuk drainase saluran irigasi sepanjang 129 m, dan talud makam 106 m. Desa Gebang untuk rabat beton sepanjang 500 meter. Desa Bulus dimanfaatkan untuk membangun gedung pertemuan seluas 134 meter persegi.

Ditambahkan oleh Kepala Desa Gebang, Ameliya, bahwa pembangunan rabat beton di desanya menghabiskan Rp 126.245.000. Bersumber dari bantuan Kementrian Sosial RI Rp 109.000, dan swadaya masyarakat Rp 17.245.000. Pengerjaannya secara swakelola, dan selesai 90 hari.  Disisi lain ia melaporkan bahwa desanya akan merehab jalan aspal sepanjang 675 meter. Diperkirkan akan menghabiskan biaya Rp 69.796.000. “Saat ini telah selesai sepanjang 200 meter, dengan biaya Rp 16,5 juta,” ungkapnya.

Wakil Bupati mengungkapkan pihaknya merasa bersyukur karena Kabupaten Purworejo tak henti-hentinya menerima kucuran bantuan dari Pemerintah Pusat, dalam berbagai bentuk program dan kegiatan. Salah satunya bantuan dari Kementerian Sosial RI melalui Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat.

Menurutnya, kegiatan keserasian sosial berbasis masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk membantu meredam potensi bencana sosial di masyarakat. Pasalnya kegiatan ini memberikan peluang besar kepada masyarakat untuk melaksanakan perannya sebagai perencana, pelaksana dan pengendali kegiatan secara mandiri.

Program ini bertujuan menumbuhkan semangat kebersamaan, persaudaraan sejati, senasib sepenanggungan dan kesetiakawanan sosial dalam masyarakat. Keserasian sosial merupakan bentuk implementasi dari pemikiran bahwa nilai-nilai luhur atau nilai–nilai kebersamaan akan berkembang kembali, jika ada upaya untuk membaurkan masyarakat secara sosial budaya berbeda dalam suatu kebersamaan yang direncanakan.

“Oleh karena itu, saya juga berharap kepada seluruh desa yang menerima bantuan ini, agar terus berupaya menumbuhkan semangat membangun, semangat gotong royong agar cita-cita pembangunan di desanya dapat terwujud dengan baik. Mari kita pupuk semangat kebersamaan antar warga, perkuat kerukunan, perkukuh persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....