Seputar Aneka Ragam

Kaligesing, Kecamatan Pertama Lunas PBB

Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg menyampaikan rasa bangga sekaligus ucapan selamat kepada Pemerintah dan Masyarakat Kecamatan Kaligesing, karena saat ini seluruh desa yang ada di Kecamatan Kaligesing telah lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2013, yang sekaligus berarti bahwa Kaligesing merupakan kecamatan pertama di Kabupaten Purworejo yang lunas PBB tahun 2013. “Mudah-mudahan prestasi yang diraih itu bisa menjadi contoh dan memotivasi desa/ kelurahan dan kecamatan lainnya,” harapnya.

Diungkapkan bahwa kegiatan tilik desa ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap perkembangan dan kemajuan masyarakat desa. Kegiatan yang diintegrasikan dengan program dan kegiatan di SKPD ini, diharapkan juga menjadi daya ungkit percepatan pembangunan desa. “Karena kita menyadari desa merupakan ujung tombak pembangunan daerah, dimana apabila desa-desanya maju maka akan maju pula daerah tersebut, demikian pula sebaliknya,” katanya.

Kegiatan tilik desa ini, rencananya akan dilaksanakan secara bergantian di desa/kelurahan dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo. “Tentunya ada banyak pertimbangan untuk menentukan desa/ kelurahan yang akan dipilih sebagai lokasi tilik desa. Seperti desa Kaliharjo ini, yang merupakan salah satu desa dengan potensi seni budaya cukup menonjol,” katanya.

Camat Kaligesing Drs Agus Ary Setiyadi SSos melaporkan bahwa pembiayaan pelaksanaan PNPM-MD tahun 2012 Kecamatan Kaligesing sebesar Rp 961.078.000. Dana tersebut berasal dari  bantuan langsung masyarakat (BLM) pemerintah pusat Rp 855 juta, dari pemerintah daerah Rp 45 juta dan swadaya masyarakat Rp  61.078.000,-.

Untuk kegiatan bidang ekonomi, yaitu simpan pinjam khusus kelompok perempuan dan usaha ekonomi produktif. Kelompok masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini meliputi 230 kelompok dengan jumlah pemanfaat 2.875 orang. Modal yang dikelola unit pengelola kegiatan PNPM-MD Kecamatan Kaligesing sampai bulan Desember 2012 sebesar Rp. 3.854.317.650 dengan tingkat bunga 18 persen pertahun dan tingkat pengembalian 95,80 persen. Surplus bersih yang dihasilkan pada tahun 2012 sebesar Rp. 479.275.670,-.

Dari surplus tersebut antara lain 20 persennya akan disalurkan pada masyarakat kurang mampu yang berupa bantuan dana sosial sebesar Rp. 101 juta. Dialokasikan untuk pemberian 27 ekor kambing, jamban keluarga 87 unit, bantuan modal usaha 5 orang , peralatan kerja 49 orang. Sedangkan 80 persennya untuk penambahan modal, kelembagaan dan resiko/ cadangan. Tahun 2012 PNPM-MD Kecamatan Kaligesing juga mengelola Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) sebesar Rp  297.509.000.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....