Seputar Aneka Ragam

Dinominasikan Terima Satya Lencana Wira Karya, Purworejo Diverifikasi BKKBN Pusat dan Setmilpres

Dalam sambutannya Ni Wayan Sumiyati mengatakan tujuan ke Purworejo untuk memverifikasi data program KB beserta kegiatannya. Terutama komitmen Kepala Daerah dan dukungannya, terhadap pensuksesan program KB di daerahnya. Hasil verivikasi nantinya akan menjadi bahan pertimbangan di tingkat pusat, untuk menentukan kabupaten-kabupaten, yang akan menerima penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI.

 

Sedangkan prosedurnya, BKKBN Pusat menguslkan ke Setmilpres, karena semua penghargaan dari Presiden harus melalui Setmilpres. “Daerah yang diverifikasi sudah banyak, dan Purworejo merupakan verifikasi yang terakhir,” ujar Ni Wayan yang mengaku usai verikasi dari Gorontalo dan Sumatera.      
Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg memaparkan, peningkatan program KB di Purworejo, dapat dilihat dari pencapaian yang ditetapkan sebagai sasaran selalu dapat dicapai, yakni pada catatan akhir Desember lalu peserta KB baru, jumlahnya mencapai 14.621 akseptor.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk program Kepedulian Keluarga Berencana (KKB) dari tahun ke tahun secara prosentase mengalami kenaikan. Dimulai 2011 dari target Perkiraan Permintaan Masayarakat (PPM) sebanyak 17.790 terealisasi 17.012 (95,63 persen), sedang 2012 dari target PPM sebanyak 16.030 terealisasi 16.099 (100,43 persen).

Termasuk pembinaan remaja dengan membentuk kelompok PIK Remaja telah melebihi target. Yaitu dari target 23 kelompok kini telah terbentuk 40 kelompok PIK Remaja. Selain itu juga didukung adanya BKB, BKR, BKL, dan kelompok UPPKS.

Untuk meningkatkan pencapaian program KKB juga telah didukung sarana prasarana antara lain gedung untuk gudang alat kontrasepsi, gedung kantor UPT KB di Kecamatan sejumlah 16 kecamatan, obgynbed implant Kit, IUD Kit, PLKB Kit, Mupen KB, Laptop dan PC Komputer, pengadaan mpbil pengangkut akseptor KB, dll.

Bupati juga menjelaskan dalam mensukseskan program KB juga disinergikan dengan pihak-pihak lain, seperti bekerjasama dalam kegiatan Harlah muslimat, HUT aisyiah, KB-Kes-Bayangkara, TMMD, Kesatuan gerak PKK, Hari Ibu, dan masih banyak lagi. “Bahkan saking responnya dengan program KB di Purworejo, Pangdam IV Diponegoro datang ke Purworejo untuk menayksikan secara langsung program KB,” tandas Bupati yang didampingi pejabat Badan KBPM, Kabag Umum, dan Kabag Kesra.

Menurutnya program KB  di Purworejo sudah sangat mengakar sampai ke tingkat RT. “Saya jadi penyuluh KB sejak dulu, setiap hari dilapangan untuk melakukan pendekatan dengan masyarakat. Saya dalam melakukan penyuluhan tidak pamrih apa-apa. Sehingga sekarang jadi bupati saya masih tetap meneruskan program KB, dengan harapan agar masyarakat Purworejo mencapai kesejahteraan,” harapnya.

Selain di Pringgitan, Tim verivikasi melakukan tinjauan lapangan didampingi Kepala Bidang KBKR Saroni SSos MM, ke lokasi yang sudah disiapkan. Yaitu PIK Remaja Surya UMP, pelayanan KB gratis di Puskesmas Cangkrep Purworejo, serta di kelompok Bina Keluarga Balita di Kelurahan Kedungsari Purworejo.
Selain ke tiga tempat tersebut Tim verivikasi juga meminta untuk melihat secara langsung pelaksanaan program KB di tempat lain. Dengan cekatan Saroni, menunjukkan lokasi lain yakni Kelompok PIK Remaja Sekar Ronce di Tegalsari, Kelompok Bina keluarga Lansia di Kelurahan Sucen Jurutengah, dan  UPPKS, serta gedung kantor UPT KB kecamatan.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....