Seputar Aneka Ragam

Harganas dan HAI Diperingati

Sekretaris Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Purworejo  Ismanto SSos melaporkan, sejak berdirinya BKKBN tahun 1970 setiap tanggal 29 Juni selalu di peringati sebagai hari ulang tahun Keluarga Berencana. Tapi sejak tahun 1993 bersamaan dengan diangkatnya Prof Dr Haji Haryono Suyono menjadi menteri Negara kepnedudukan-Kepala BKKBN merangkap menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan pengentasan kemiskinan, maka peringatan hari ulang tahun Keluarga Berencana berubah menjadi Hari Keluarga Nasional.

 

Dilaporkan pula bahwa dalam acara Harganas ini, juga diperingati Hari Anak Nasional (HAI) yang sebetulnya jatuh pada tanggal 23 Juli. “Namun karena peringatan Harganas dan HAI waktunya tidak terpaut lama, maka keduanya digabung sebelum bulan puasa tibam,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, juga telah dibagikan beberapa  hadiah kepada masyarakat yang telah menunjukan prestasi dan pengabdiannya dalam gerakan KB Nasional. Yaitu kepada kelompok penyuluh dan petugas lapangan KB, pasangan akseptor KB lestari 10, 15 dan 20 tahun, UPPKS, BKL, BKB, keluarga harmonis sejahtera, dan BKR. Selain itu juga diserahkan juara 3 tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam lomba Duta Mahasiswa Genre, yaitu Elok Prapitaningrum dan Wahyu Dwi Satriyo  dari Universitas Muhamadiyah Purworejo.

Hadiah lain yang diberikan adalah juara I tingkat Kabupaten Purworejo dalam lomba PIK remaja unggulan. Yakni tahap tumbuh diraih PIK remaja Sekar Ronce dari Tegalsari Kelurahan Purworejo, tahap tegak diraih PIK remaja Shinta Rama dari Kutoarjo, dan tahap tegar diraih PIK remaja dari SMP Negeri 8 Purworejo.

Dan yang lebih membanggakan, pada tanggal 14 Juni yang lalu, Bupati Purworejo telah menerima penghargaan dari Presiden RI dalam Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana, yaitu penghargaan Satya Lencana Wira Karya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....