Seputar Aneka Ragam

Pilpres di Purworejo Lancar dan Tertib

Rombongan meninjau TPS IV Desa Brenggong Kecamatan Purworejo. Dilanjutkan di TPS II Desa Jelok Kecamatan Kaligesing. Kemudian dilanjutkan di wilayah utara, yaitu di Kecamatan Bener. Di kecamatan tersebut Bupati meninjau TPS I Dessa Limbangan, TPS I Desa Nglaris, dan TPS III Desa Ngasinan.

Dalam pemantauan itu, secara umum berjalan aman, lancar dan tertib, tanpa hambatan yang berarti. Dari segi keamanan, situasi sangat nyaman,  masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya tanpa rasa takut. Logistik sudah dikirim ke TPS mulai hari Minggu sebelum penyelenggaraan.

Pelaksanaan pemungutan suara di bulan Rhomadlon, masyarakat memanfaatkan waktu untuk menggunakan hak pilihnya lebih awal, dibanding saat peyelanggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) April lalu. Rata-rata jam 10.30 sudah diatas 50% dari daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak suaranya.

Diakui Albertus S Sitous, bahwa siatuasi saat menjelang hingga pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Purworejo sangat kondusif. Setiap TPS dijaga oleh anggota kepolisian. Disisi lain ia memuji sinergitas antar pemda, TNI dan Polri, yang berjalan sangat harmonis. Berbagai kegiatan dilaksanakan secara bersama-sama melibatkan FKPD.

Untuk memberi rasa aman kepada masyarakat, juga dilakukan patroli gabungan. Kondisi tersebut merupakan modal untuk menciptakan kondisi wilayah yang aman. “Saya berharap, situasi tersebut bisa berjalan hingga pasca pemungutan suara,” katanya.

Komandan Kodim 0708 Purworejo melalui Pewira Seksi (Pasi) Intel Kapt Suyadi, menyatakan bahwa pihaknya menyiapkan seluruh personilnya. Anggota Babinsa di Koramil, memantau TPS di desa-desa. Sementara anggota Kodim disiapkan di Makodim.

Pihaknya juga mendapat bantuan 1 SSK pasukan dari Batalyon 405 Banyumas. SSK itu terdiri dari 3 SST, masing-masing ditempatkan di Makodim, Koramil Kutoarjo, dan Koramil Purwodadi. Apabila pihak kepolisian membutuhkan bantuan personil, pihaknya akan segera menperbantukan pasukannya.

Situasi aman, juga diakui oleh Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, di sela-sela peninjauan TPS. Ia mengakui antusias masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya juga tinggi. Ia optimis prosentase tingkat kehadiran pemilih akan meningkat dibanding saat Pileg lalu. Diharapkan kondisi yang seperti ini bisa berlangsung hingga pasca pemungutan suara.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....