Seputar Aneka Ragam

Presmian Proyek Keserasian Sosial Dipusatkan Di Desa Wonosido

 

Kepala Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purworejo Drs Sutrisno MSI melaporkan, Keserasian Sosial Berbasis masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan kesejahteraan sosial baik fisik maupun non fisik yang melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan pengawasan. “Agar tercipta kehidupan sosial yang harmonis dan penuh persaudaraan yang dilandasi semangat saling menghargai, menghormati antar anggota dan komunitas masyarakat dan tanpa membedakan golongan , asal usul serta lainnya,” katanya.

Menurut Sutrisno, tujuan keserasian sosial berbasis masyarakat yang sangat mendasar adalah mewujudkan integrasi sosial, penerimaan sosial dalam tatanan hidup berdampingan secara damai melalui sistim dan mekanisme kerukunan sosial diantara kelompok masyarakat. Eksistensi dari keserasian sosial adalah dalam rangka pencegahan terjadinya konflik sosial dan atau pengulangan kembali konflik sosial yang pernah terjadi.

Lebih lanjut Sutrisno menjelaskan pada tahun 2014, Kabupaten Purworejo mendapat kegiatan keserasian sosial di 4 desa yaitu Desa Wonosido dan Desa Pamriyan kecamatan Pituruh, Desa Kambangan Kecamatan Bruno, Desa Durensari Kecamatan Bagelen, dan Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Purworejo. Masing masing desa mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 109 juta, yang berasal dari Kementrian Sosial Republik Indonesia.Dana tersebut digunakan untuk pengerasan jalan berupa pembangunan rabat beton. Hanya Kelurahan Tambak Kecamatan Purworejo sebagian dananya untuk pembangunan mushola dan pembangunan drainase irigasi sepanjang 27 meter dan rabat beton 20 meter.

Dalam pelaksanaannya, juga didukung swadaya dari masyarakat untuk biaya tenaga, konsumsi dan material. Untuk desa Wonosido kecamatan Pituruh Rp 60.250.000, desa Pamriyan kecamatan Pituruh Rp 45.260.000, desa Kambangan Kecamatan Bruno Rp. 18.420.000 ,desa Durensari kecamatan Bagelen Rp 38.015.000 dan Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Purworejo sebesar Rp 47.635.000.

Bupati Purworejo berharap kepada seluruh desa yang menerima bantuan ini, agar terus berupaya menumbuhkan semangat membangun, semangat gotong royong agar cita-cita pembangunan di desanya dapat terwujud dengan baik. “Mari kita pupuk semangat kebersamaan antar warga, perkuat kerukunan, perkukuh persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....