Seputar Aneka Ragam

Bupati-Dandim Tandatangani MoU Ketahanan Pangan

Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg mengungkapkan hal itu usai penandantangan nota kesepahaman (MoU) dengan Dandim 0708 Letkol (Inf) Ary Sundoro SSos, di ruang Bagelen Setda, Senin (16/2).

Dikatakan bahwa MOU tersebut menunjukkan kepedulian pemerintah daerah bersama TNI dalam membangun pertanian Kabupaten Purworejo. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengingkatkan swasembada padi dan jagung di Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Purworejo Ir. Dri Sumarno mengatakan Presiden telah mencanangkan capaian swasembada pangan di tahun 2017 khususnya padi, jagung dan kedelai. Selain memerintah menteri pertanian, presiden juga melibatkan TNI khususnya TNI Angkatan Darat.
“Untuk menindaklanjuti kegiatan ini, menteri pertanian telah memberikan bantuan untuk penanganan sawah irigasi, bantuan diberikan dalam bentuk bansos per hektar sebesar Rp 1 juta. Sehingga total bantuan yang diberikan sebesar  Rp 5,5 miliar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sumarno menerangkan bahwa Babinsa telah diberikan pembekalan mengenai pertanian. Tetapi yang diharapkan adalah semangat juang dan disiplin dari militer TNI dapat ditularkan kepada petani.

Ia menambahkan produksi padi Purworejo surplus 100.000 ton. Tatapi secara nasional masih impor 302.000 ton. “Ini menjadi pertanyaan kita bersama agar pertanian menjadi tantangan kita kedepan untuk mencapai kebutuhan pangan kita,” katanya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....