Seputar Aneka Ragam

Kendaraan Plat Kuning Dapat Potongan Pajak Hingga 70 Persen

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Purworejo R Bambang Nurcahyo SE MM, pada acara sosialisasi retribusi daerah di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, Rabu (2/9).

Bambang Nurcahyo menambahkan, untuk mendapatkan subsidi tersebut, kendaraan bermotor angkutan umum barang harus memenuhi syarat tertentu. Yakni, harus berbadan hukum indonesia yg bergerak dibidang angkutan umum barang dan memiliki buku uji kendaraan yang masih berlaku. Sedangkan untuk kendaraan bermotor angkutan umum orang, ditambahkan syarat memiliki izin penyelenggaraan angkutan umum orang dari Dinas Perhubungan.

Lebih lanjut  Bambang Nurcahyo menerangkan, kendaraan bermotor angkutan umum orang dan barang yang dimiliki secara perorangan wajib diubah menjadi berbadan hukum indonesia selambat-lambatnya tanggal  31 desember 2015.Untuk memiliki badan hukum dapat menginduk di koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Purworejo, seperti Kopada dan Primkoppol. “Setelah menjadi anggota koperasi tersebut, STNKnya dirubah menjadi nama koperasi tersebut. Antara koperasi dan pemilik akan dibuat MoU, sehingga kendaraan tersebut tidak menjadi milik koperasi,’ terangnya.

Bambang Nurcahyo juga menerangkan, jumlah tunggakan pembayaran pajak masih cukup besar. Terdapat 19.372 obyek tunggakkan pajak di wilayah Kabupaten Purworejo dengan jumlah nominal mencapai Rp.5.180.847.800. Padahal menurutnya, angka yang cukup besar ini seharusnya dapat menjadi pemasukan untuk meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah Kabupaten Purworejo.

Pihaknya telah menempuh berbagai langkah untuk mengantisipasi tunggakan pajak tersebut. Yakni, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat lewat samsat keliling, mengadakan sosialisasi untuk memberi pengertian pentingnya membayar pajak  kepada masyarakat, melaksanakan operasional door to door dan mengadakan razia kendaran bermotor dengan kepolisian. Menurut rencana, pada bulan September hingga Desember 2015 ini akan diadakan pemutihan pembayaran tunggakan pajak kendaraan bermotor.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....