Seputar Aneka Ragam

Tahun 2015 Belum Usai, Sumowono Sudah Lunasi PBB 2016

Secara simbolis, pemecahan celengan dilakukan Camat Kaligesing Budi Wibowo SSos yang dilanjutkan Ketua TP PKK Kaligesing serta Kepala Desa Sumowono. Tercatat ada 22 celengan sebagai perwakilan dari jumlah dasawisma yang tersebar di 4 rukun warga (RW).

Kades Sumowono Ade Maryono Amd menyatakan, sistem pengelolaan iuran PBB telah dijalankan di desanya sejak tahun 2006 dan hingga kini telah berjalan dengan baik. "Adapun pemungutan iurannya dilakukan setiap kali dasawisma memiliki kegiatan," ujar Ade.

Dari setiap tabungan warga untuk PBB, bisa dipastikan jumlahnya melebihi jumlah nomimal yang harus disetorkan. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena semuanya teradministrasi dengan baik dan jumlahnya tidak berkurang.

"Uang PBB yang ada itu, tidak kaku hanya untuk membayar PBB. Tapi nilainya bisa dipergunakan masyarakat saat Hari Raya Idhul Fitri. Hanya saja, uang yang harus tetap disimpan minimal 20 persen dari tanggungan," tambahnya.

Disinggung mengenai belum adanya SPT tahun 2016, Ade mengatakan bahwa pihaknya memiliki rekening khusus yang dimanfaatkan untuk menyimpan uang tersebut.

"Jadi sewaktu-waktu akan dibayarkan, ada dana tunai untuk disetorkan," katanya lagi.

Sementara itu, Camat Kaligesing Budi Wibowo SSos menyampaikan apresiasinya terhadap tekat warga untuk melunasi PBB tahun 2016. Menurutnya, apa yang dilakukan warga Sumowono itu akan menjadi teladan bagi desa-desa yang lain untuk segera mempercepat pelunasannya.

"Ini menjadi desa pertama di Kecamatan Kaligesing yang telah melunasi PBB tahun 2016. Saya percaya desa-desa yang lain juga akan segera menyusul langkah Sumowono untuk melunasinya," ujar Budi Wibowo.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Wibowo juga memberikan hadiah berupa tape recorder dan jam dinding kepada desa serta dasawisma di Sumowono untuk prestasinya tersebut.

 

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....