Seputar Aneka Ragam

Untuk Penuhi Kebutuhan, Seborokrapyak Kembangkan Penangkaran Benih Padi

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghasilkan benih unggul sebagai upaya untuk meningkatkan produksi padi petani, sehingga mampu menopang peningkatan kesejahteraan mereka disamping mempertahankan status swasembada pangan bagi masyarakat.

Dalam program tersebut, kelompok tani binaan tersebut juga didukung dengan bantuan alokasi dana pengadaan sarana produksi padi berupa benih, pupuk hingga pestisida, dan pihaknya sudah menyebarluaskan benih yang sudah ditangkar selama ini untuk ditanam secara menyeluruh oleh petani.

"Sehingga mereka tidak lagi mengalami kesulitan dalam mendapatkan benih unggul yang selama ini didatangkan dari luar daerah," ujar Asep.

Menurutnya, untuk penangkaran benih padi ini mendapat bantuan modal dari pemerintah daerah dan desa. Selain itu, dukungan infrastruktur berupa sarana irigasi serta jalan sentra produksi pertanian juga terus dibangun demi memudahkan masyarakat petani untuk mengangkut hasil panen.

"Dengan begitu, hasil panen mereka juga akan cepat diserap oleh pasar yang tersedia dan hasilnya bisa dimanfaatkan kembali untuk membiayai kebutuhan sehari-hari dan bisa segera kembali mempersiapkan musim tanam berikutnya sesuai jadwal," katanya.

Salah satu petani, Muhammad Wahib (30) mengaku senang dengan adanya ketersediaan bibit padi di desanya. Sebab, dirinya tidak perlu melakukan pembibitan sendiri. Sehingga bisa mempercepat proses penanaman.

"Kita tidak perlu susah-susah melakukan penyebaran bibit karena sudah ada penyedia bibit. Kita tinggal langsung melakukan penanaman," ujarnya.

 

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....