Seputar Aneka Ragam

Desa Agar Selesaikan Persoalan Di Wilayahnya

“Kepala desa maupun kepala kelurahan agar menyelesaikan persoalan diwilayahnya. Apabila sangat genting dan tidak bisa diselesaikan, barulah maju ke kabupaten. Jangan masalah-masalah kecil diselesaikan di kabupaten. Karena saya juga harus memikirkan persoalan-persoalan yang besar seperti pasar Baledono, perbatasan wilayah kabupaten, dan lainnya. Sehingga saya bisa fokus bekerja membangun Purworejo untuk kesejahteraan masyarakat,” tandas Bupati pada Konferensi Kepala Desa/Kelurahan se Kecamatan Purworejo, di aula Kecamatan Purworejo, Senin (29/2).

Pada bagian lain Bupati mengatakan, dengan semakin besarnya dana yang mengalir ke desa, kepala desa diharapkan mencermati dan berpedoman pada peraturan perundangan tentang pengelolaan keuangan desa, sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Desa juga perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni, karena mengelola keuangan sendiri bukanlah tugas yang mudah, sehingga harus disiapkan mekanisme pengawasan yang baik, agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Dalam pengelolaan keuangan desa, Kabupaten Purworejo saat ini sedang berproses untuk mengimplementasikan sistem informasi keuangan desa bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan mempergunakan Sistem Informasi Keuangan Desa ini diharapkan akan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi serta kemudahan bagi pemerintah desa dalam mengelola keuangannya.

Dikatakan Bupati pentingnya desa dapat mengelola potensi yang ada. Seperti program satu desa satu produk unggulan agar dapat diwujudkan. “Ini penting untuk menggali potensi yang ada di desa yang diharapkan dengan memfokuskan satu produk unggulan, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati yang hadir menggunakan kendaraan pribadi, meminta tidak dimaknai yang lain atau dipelintir. “Mungkin dalam bekerja sekali waktu saya tidak menggunakan fasilitas kantor tapi menggunakan fasilitas pribadi. Ini semata-mata untuk bekerja, karena saya ingin bekerja keras beri perhatian untuk masyarakat. Lima tahun kedepan kalau saya gambarkan setara dengan kerja 20 tahun. Maka saya mohon bantuannya seluruh masyarakat untuk dapat bekerja bareng-bareng. Juga supaya saya dan Ibu Wakil Bupati dapat bekerja dengan lancar tidak ada halangan apapun,” harapnya.

Sementara itu Camat Purworejo Drs Edy Novianto melaporkan jumlah desa kelurahan sebanyak 25 yang terdiri 14 desa dan 11 kelurahan.  Pada kesempatan itu, Edy juga mengenalkan kades dan kalur, pejabat di jajaran kecamatan, dan Muspika. “Kami siap melaksankan tugas dan siap mengawal Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati dalam mengemban amanah di Purworejo,” tegasnya.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....