Seputar Aneka Ragam

Kaligesing Langganan Lunas PBB Pertama Kali

Bupati Purworejo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kecamatan Keligesing yang setiap tahun selalu menjadi jawara dalam pelunasan PBB-P2. Menurutnya, prestasi itu tentunya tidak terlepas dari peran serta kelompok dasawisma. “Kesemuanya itu tentu tidak terlepas dari keberadaan tabungan dasawisma, yang sangat mendukung kecepatan dan kemudahan pembayaran PBB. Saya berharap tabungan dasawisma bisa diadopsi di kecamatan-kecamatan lainnya,” katanya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa salah satu penentu kelancaran pembangunan adalah ketersedian sumber pembiayaan. Dan salah satu sumber pembiayaan yang cukup dominan itu, berasal dari penerimaan pajak. Salah satu pajak yang memberikan andil dalam pembiayaan pembangunan adalah pajak bumi dan bangunan (PBB). “PBB tidak hanya penting sebagai sumber penerimaan daerah tetapi juga strategis dan signifikan pengaruhnya terhadap berbagai aspek kegiatan kehidupan yang lain,” tandasnya.

Diterangkannya, untuk tahun 2015 lalu, dari target penerimaan PBB sebesar Rp 19,07 milyar, terealisasi Rp 17,41 milyar atau 91 persen. Ada beberapa persoalan terkait PBB, antara lain piutang tahun 2004-2012 sebesar Rp 8,4 milyar yang diwariskan dari KPP Pratama, sampai saat ini belum tertagih. Selain itu, ditambah piutang tahun 2013-2014 sebesar Rp 5 milyar, yang juga belum tertagih. Penyebabnya antara lain banyaknya wajib pajak yang tidak jelas alamatnya, serta petugas pemungut yang tidak disiplin dalam menyetorkan hasil.

“Saya berharap dan mengajak kepada semua desa-desa yang ada di Kabupaten Purworejo untuk bisa melunasi PBB dengan tepat waktu. Kelancaran dalam membayar PBB dengan tepat waktu ini, nantinya juga akan memperlancar pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Purworejo. Diperlukan kerjasama yang baik dari semua pihak, baik dari tingkat kecamatan maupun sampai tingkat desa/kelurahan,” ujarnya.

Bupati sempat melepas ratusan warga masyarakat yang mengikuti jalan sehat yang menjadi rangkaian kegiatan tersebut. Bupati juga meninjau pemeran produk usaha micro dan produk binaan UPK PNPM Kaligesing.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....