Seputar Aneka Ragam

Bupati Apresiasi Mr.Toni Ruttiman Telah Bantu Jembatan Desa

Peresmian jembatan yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pemecahan kendi, juga penandatanganan prasasti tersebut, juga dihadiri Ketua DPRD Munawir SPd MPd, FKPD, tokoh masyarakat Kelik Sumrahadi S.Sos MM, Plt Kabag Humas drs,Hery Raharjo MSi, juga 6 camat yakni Bayan, Banyuurip, Kutoarjo, Bagelen, Purwodadi, dan Pituruh. Hadir pula sejumlah Kepala Desa dan dinas instansi terkait.

Bupati lebih lanjut mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa ketersediaan prasarana fisik jembatan merupakan faktor penunjang pengembangan suatu wilayah. Sebagai bagian dari sistem transportasi, jembatan tidak hanya mempunyai peranan penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya serta lingkungan. Tetapi juga merupakan unsur penting dalam pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa, wilayah negara, dan fungsi masyarakat serta dalam memajukan kesejahteraan umum.

Dikatakan Bupati, tuntutan pembangunan infrastruktur  yang diajukan masyarakat kepada pemerintah daerah, semakin hari semakin menunjukkan peningkatan, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan dinamika sosial ekonomi masyarakat. Di sisi lain, kondisi keuangan negara seringkali tidak memungkinkan bagi pemerintah untuk merealisasikan semua permohonan tersebut, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Sehingga peran serta masyarakat dan swasta, sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ini juga perlu dirawat dan dipelihara, juga fasilitas-fasiltas lainnya yang sudah dibangun. “Saya yakin, jembatan ini telah memenuhi standar kualitas yang memadai, karena disponsori oleh Mr Toni Ruttiman sebagai seorang pembangun jembatan yang telah membangun jembatan di berbagai daerah di Indonesia.Sehingga dengan pemeliharaan yang baik, diharapkan  akan semakin bermanfaat bagi masyarakat. Disamping itu kepada masyarakat yang dengan sukarela berswadaya berarti sangat berperan untuk kemajuan desanya,” ujarnya.

Sementara itu fasilitator Jawa Tengah/Purworejo Yogo Triyanto Rudito dari Banyuurip menceritakan mendapatkan bantuan pembangunan jembatan gantung, berawal dari informasi ketua paguyuban Kades Kab.Banjarnegara yang telah membangun jembatan atas bantuan Mr Toni Ruttiman. “Singkat cerita saya bersama Sutardi pada 2010 lalu, berjuang melalui HP menghubungi pihak kepercayaan Mr.Toni Ruttiman, dan bisa memperoleh bantuan. Material/ jembatan gantung ini adalah pemberian dari beberapa perusahaan didunia yang selanjutnya dapat diakses oleh Mr Toni Ruttiman untuk kegiatan sosial didunia termasuk Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, di Kabupaten Purworejo jembatan yang sudah dibangun dan dapat dimanfaatkan yakni 6 jembatan gantung. Antara lain Desa Borowetan Kecamatan Banyuurip, Desa Bapangsari   Bagelen, Desa Tangkisan Bayan, Desa Pekutan Bayan, Desa Sawangan Pituruh, dan Desa Pucangagung Kecamatan Bayan.

“Sedangkan Desa wirun Kutorajo sudah kami survey dan dinyatakan deal siap, bahkan dalam waktu dekat akan dikirim rangkaian jembatan gantung dari workshop Bogor. Pada akhirnya ada beberapa desa yang minta jembatan gantung, diantaranya Desa rebug Kecamatan Kemiri, Desa Penungkulan Gebang, Desa Brandong Bruno, dan Desa Kalisemo Kecamatan Loano,” ujar Yogo Triyanto.

Kepala Desa Tangkisan R.Sutriyono mengatakan, pembangunan jembatan gantung Desa Tangkisan ini menghubungkan dengan Desa Sidarum Kecamatan Kutoarjo yang menjadikan jarak tempuhnya lebih dekat. Pembangunannya menghabiskan dana keseluruhan sebesar Rp.150 juta terdiri bantuan sebesar Rp.100 juta dan swadaya masyarakat sebesar Rp.50 juta berupa material bangunan dan tenaga. Untuk panjang jembatan gantung mencapai 163 centimeter dan lebarnya 65 centimeter. “Kami sangat berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah memperjuangkan adanya jembatan gantung ini, karena selain sangat bermanfaat juga memotivasi masyarakat untuk lebih bersemangat dalam meningkatkan perekonomian,” kata Sutriyono.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....