Seputar Aneka Ragam

Hadapi Tantangan, Bupati Percepat Pembangunan Daerah

 

Lebih jauh Bupati mengatakan, pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan rencana pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, dapat menjadi faktor pendorong pengembangan wilayah atau menjadi magnet pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya.

Kedepan akan terjadi banyak ragam kegiatan bisnis dan penciptaan lapangan kerja. Sehingga nantinya banyak terbuka peluang bagi pengusaha lokal untuk investasi modalnya, yang tentu saja akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Purworejo. Menurutnya, dalam menangkap peluang itu, Pemkab Purworejo harus segera melakukan langkah-langkah berbenah diri.

“Saya ingin mengajak kepada masyarakat PURWOREJO, agar mampu menangkap peluang bisnis dan lapangan kerja serta meningkatkan kualitas kecakapan/skill  untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja baik pada masa konstruksi maupun pasca konstruksi sesuai dengan spesialisasinya,” kata Bupati.

Dikatakan, Pemkab telah memprogramkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Diantaranya, dalam rangka meningkatkan dan penguatan kualitas SDM melalui implementasi program e-learning creative multimedia pada sekolah-sekolah dan pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi.

Dalam rangka menyiapkan ruang yang aman, terarah dan terkendali untuk investasi, melalui penetapan review rencana tata ruang wilayah dan penetapan rencana detail tata ruang, serta penyusunan rencana teknis kawasan wisata terpadu.
“Kawasan Border city yang sudah saya canangkan, harapannya akan menjadi kawasan bisnis dan komersial yang terkoneksi dan terintegrasi dengan kawasan Airport city,” tuturnya.

Dalam rangka menata wajah kota, pada tahun 2017 Pemkab menyiapkan beberapa kegiatan. Yakni, penyusunan rencana teknis pembangunan “heroes park” arga putra, pembangunan tugu batas wilayah, penataan kawasan monumen perjuangan, penataan alun-alun Purworejo sebagai icon landmark kota, pembuatan air mancur dan penataan landmark Alun-alun Kutoarjo.

Namun, pada kesempatan itu Bupati juga mengakui masih banyak infrastruktur publik, terutama  jalan yang belum dapat memuaskan masyarakat Purworejo. Masih banyak ruas-ruas jalan yang perlu ditingkatkan dan dijaga supaya dalam kondisi baik.

Dijelaskan Bupati, pada tahun 2018 Pemkab Purworejo merencanakan akan membangun infrastruktur strategis. Antara lain, pembangunan jalan lingkar timur Purworejo, penataan alun-alun Kutoarjo, pembangunan heroes park argaputra, penataan sport center WR Supratman, penataan kawasan meliputi pertigaan pendowo, pertigaan Bagelen, pemindahan museum tosan aji kedalam kompleks pendopo dan penataan wisata jatimalang salah satunya merevitalisasi eks balai benih udang menjadi taman edukasi aquarium ikan.

Selain itu pada tahun 2018 juga akan dilakukan pembangunan rumah sakit type c, pembangunan pasar purworejo, pembangunan pasar khusus beras dan hortikultura, pengembangan kawasan wisata terpadu, yang terkoneksi dan terintegrasi dengan kawasan strategis pariwisata nasional  borobudur, penguatan ketahanan pangan, dan penyediaan infrastruktur pelayanan dasar air bersih, sanitasi dan perumahan.

“Pemkab Purworejo akan terus berupaya merealisasikan program pembangunan sesuai perkembangan kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Acara tersebut diikuti Ketua DPRD beserta seluruh anggota, FKPD, Pejabat Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Sekda Purworejo, para Asisten Sekda, Staf Ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, para pejabat instansi vertikal, BUMN, BUMD, pimpinan perguruan tinggi di Purworejo, camat, lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta Ketua Orpol, Ormas, Organisasi Profesi, LSM, Wartawan Media Cetak dan Elektronik.

Berita Terpopuler

Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten Purworejo Angkat Bahan Pangan Lokal
Seputar Aneka Ragam

Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten Purworejo Angkat Bahan Pangan Lokal

Rabu, 26 Juli 2023

Bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri....


Dharma Wanita Persatuan Purworejo Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah
Seputar Aneka Ragam

Dharma Wanita Persatuan Purworejo Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah

Rabu, 23 Agustus 2023

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah bagi angg....