Seputar Aneka Ragam

Bupati Tinjau Empat Proyek Dalam Kota

Pada peninjauan lapangan tersebut, Bupati didampingi Asisten II Sekda Drs Gandi Budi Supriyanto SSos, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Dra Suhartini MM, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Suranto, Kabag Pembangunan Setda Bambang Sadyanto Raharjo SH, serta Kabag Humas dan Protokol Setda Agung Wibowo AP.

Bupati mengatakan, peninjauan ini dilakukan guna memastikan pengerjaan sesuai dengan desain dan kualitas material sesuai dengan spek yang ada. “Pembangunan Pasar Baledono sudah berjalan 78,639 persen. Harapan kita tetap on progress supaya tidak ada kendala, memang ini yang paling lama memang finishing,” kata Bupati usai meninjau Pasar Baledono.

Bupati menyatakan jika pihaknya selama ini hanyalah melaksanakan dari gambar yang sudah ada sebelumnya. Sehingga penempatan dan pembagian ruangan di dalam pasar tidak secara persis diketahuinya.

"Saya itu tinggal mbangun karena semua sudah siap. Hanya memang saya minta ada perubahan di bagian depan pasar. Karena nampak depan itu bagi saya penting sekali, agar terlihat indah dan megah," imbuh Bupati.

Sebelum meninggalkan pasar, Bupati sempat melihat dari jalan raya keberadaan pasar. Dia melihat jika Pasar Baledono yang sudah setengah jadi tidak kalah megah dengn bangunan mall di beberapa tempat.

Bahkan dirinya melihat jika Pasar Baledono sebenarnya adalah mall tradisional yang dimiliki Purworejo. “Ini dengan mall lebih besar ini, dengan malioboro mall saja besar ini,” ujarnya.

Terkait tempat parkir, Bupati menjelaskan bahwa pihaknya akan menyiapkan kantong-kantong pakir di jalan dekat kawasan pasar. “Kita buatkan kantong-kantong pakir, seperti di Jalan Kemuning dan Jalan Pramuka. Jadi kita akan menata tempat ini sebaik mungkin, agar tidak terlihat kumuh lagi,” jelasnya.

Dia berharap usai pembangunannya rampung, Pasar Baledono mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat. Untuk itu dia meminta, agar semua pihak wajib merawat dan menjaga keberadaan pasar kebanggaan Purworejo tersebut. “Makanya ini Pasar Baledono menjadi tanggung jawab kita bersama untuk kita rawat dan kita uri-uri, jangan sampai terbakar lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Konsultan Pengawas dari PT Yodya Karya Bambang Setyo Nugroho mengatakan, jika pihak pelaksana dalam dua pekan terakhir melakukan penambahan tenaga. Bahkan pihaknya masih akan meningkatkan jumlah tenaga mendekati berakhirnya waktu pembangunan.

"Dari target tanggal 28 Desember nanti selesai, kita harapkan di pertengahan Desember nanti bisa selesai. Semakin mendekati akhir banyak item-item kecil yang harus ditangani jadi memang penambahan tenaganya cukup banyak," ujar Bambang.

Terkait progres, Bambang mengatakan jika capaian yang ada hingga kemarin adalah 78,639 persen dari target 78,082, terpaut 0,557 persen melebihi target. Memang tidak banyak, tetapi hal itu menurutnya bisa dimaklumi karena banyak pekerjaan yang memasuki finishing.

Dari kunjungan di empat proyek tersebut diketahui, tiga bangunan melebihi target yang ditetapkan yakni Pasar Baledono, rumah dinas dan sentra kuliner. Sementara, Alun-alun masih kurang dari harapan. Penyebab keterlambatan dikarenakan penggunaan material yang sudah jadi, namun sudah siap dipasang.

Bupati mengatakan jika selama ini pembangunan kawasan Alun-alun memang paling banyak mendapat sorotan. Berada di tengah kota, keberadaanya mudah dijangkau dan setiap pergerakkannya bisa terpantau langsung masyarakat.

"Untuk penataan Alun-alun, bukan hanya pavingisasinya saja yang dibenahi, tetapi secara menyeluruh," kata bupati.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....