News

SMKN 1 Juara Umum LKS Disiapkan Maju Provinsi

 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tahun 2019 tingkat Kabupaten Purworejo, menghasilkan juara umum yang disematkan kepada SMKN 1 Purworejo. Masing-masing para juara pertama akan disiapkan maju pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kejuaraan itu diumumkan pada kegiatan penutupan LKS yang berlangsung di gedung serbaguna SMKN 1 Purworejo.

Penutupan dan pengumuman semua juara yang sekaligus penyerahan piala tersebut, dihadiri Wakil Bupati Yuli Hastuti SH pada Kamis (5/9) sore. Juga hadir Ketua DPRD Dion Agasi Setyabudi SIKom MSi,  Kasi SMK dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jateng Prihestu Hartomo SPd MSi, Dinas Dikpora Purworejo, sejumlah pimpinan BUMD, dan OPD terkait.

Wabup Yuli Hastuti menyampaikan selamat kepada para siswa yang berhasil meraih prestasi dalam ajang LKS tingkat SMK  se Kabupaten Purworejo. Teriring harapan para siswa yang meraih prestasi, akan mampu meneruskan tradisi juara yang diraih Kabupaten Purworejo, mengingat selama beberapa tahun selalu ada siswa Purworejo yang meraih juara di ajang LKS nasional bahkan internasional.

Di era persaingan global saat ini kata Yuli Hastuti, maka kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas, mutlak diperlukan untuk menjawab tantangan masa depan. Sehubungan dengan hal itu, maka lembaga pendidikan khususnya SMK, dituntut pula untuk dapat menyesuaikan mutunya sesuai dengan korelasi dan kebutuhan pasar kerja serta proaktif dalam menyongsong perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Menurutnya, Lomba Kompetensi Siswa SMK merupakan salah satu wahana yang tepat dan efektif guna menguji kualitas penyelenggaraan pendidikan di masing-masing lembaga SMK, termasuk di Kabupaten Purworejo. “Dengan kegiatan LKS-SMK ini dapat meningkatkan kualitas dan prestasi siswa, dan dapat meningkatkan peran serta SMK, terhadap dunia usaha/industri melalui ketersediaan sumberdaya manusia yang handal. Juga mellaui lomba ini, agar dapat  menumbuhkan kebiasaan bersaing yang positif serta menumbukan kepercayaan diri siswa, sehingga akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif,” harapnya.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Purworejo Gandung Ngadino SPd menjelaskan, peserta LKS dari perwakilan 42 SMK negeri dan swasta se Kabupaten Purworejo. Lombanya terdiri 28 kompetensi keahlian yang dipertandingkan selama 4 hari mulai Senin hingga Kamis (2 s/d 5/9). “ Pelaksanaan LKS ini, supaya bisa memberikan dampak positif bagi siswa siswi, dan menjadi salah satu implementasi dari program Presiden Jokowi dalam meningkatkan SDM. Apalagi dengan jumlah keseluruhan siswa siswi SMK yang mencapai 19.258 orang, tentu ini harus mendapatkan perhatian, untuk menjadikan generasi penerus yang turut serta dalam pembangunan bangsa,” ujranya.

Gandung menambahkan, sebagai juara umum SMKN 1 Purworejo berhasil mengumpulkan 15 kejuaraan yang  terdiri dari juara 1 sebanyak 11 mata lomba, juara 2 sebanyak 2 mata lomba, dan juara 3 sebanyak 2 mata lomba. Masing-masing meliputi juara 1 (Automobile Technology, Industrial Control, Plastic Dies/Mould Making, Pattern Making/Prototype Modelling, Welding, CNC Milling, Production Machine/CNC Turning, Electrical Instalation/Commercial Wiring, Wall and Floor Tilling, Auto Cad/CAD Building, Computer Aided Design & Drawing (CADD).

Siswa siswi juara 1 hingga juara 3 mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan. Nantinya untuk para peserta yang khusus meraih juara satu untuk tiap mata lomba, akan dipersiapkan mewakili Kabupaten Purworejo maju mengikuti LKS SMK tingkat Provinsi Jateng yang dipusatkan di Purwokerto pada Nopember mendatang.

“Program LKS SMK ini akan terus kami tingkatkan, tentunya juga sangat berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Purworejo dan DPRD Kabupaten Purworejo, untuk kemajuan SMK negeri maupun swasta di Kabupaten Purworejo,” jelas Gandung Ngadino yang juga sebagai Kepala SMK TKM Taman Siswa Purworejo.  

Berita Terpopuler

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano
News

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano

Kamis, 22 Agustus 2019

Ditengah kesibukan dan jadwalnya yang padat, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM kembali menyempatka....


Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah
News

Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah

Rabu, 21 Agustus 2019

Karnaval umum berlangsung meriah


Hormat Bendera Merah Putih Bukan Syirik
News

Hormat Bendera Merah Putih Bukan Syirik

Rabu, 21 Agustus 2019

pemerintahan