Pituruh Expo Ikut Meriahkan HUT RI Ke 74

Sambut hari kemerdekaan RI ke 74, Kecamatan Pituruh kembali menggelar Pituruh Expo 2019. Even yang bertujuan memperkenalkan produk-produk unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) itu dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Purworejo Drs Boedi Hardjono, Sabtu (17/8) siang.

Boedi Hardjono dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sarana pertemuan antara UMKM dengan konsumen maupun dengan pengusaha yang lebih besar atau investor.

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang lebih luas bagi UMKM untuk melakukan penjajagan situasi dan kondisi pasar.

“Kegiatan yang sudah berlangsung bertahun-tahun ini telah menjadi salah satu ciri atau ikon Kecamatan Pituruh, utamanya  dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI,” katanya.

Menurutnya, pameran semacam ini perlu terus diadakan guna mewujudkan dan mengembangkan pola kemitraan dalam bentuk keterkaitan usaha yang saling menunjang dan menguntungkan.

Plt Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno SSTP menjelaskan, expo diselenggaran selain dalam rangka untuk menyambut hari kemerdekaan RI ke 74. Produk-produk yang disajikan dalam Expo merupakan icon produk lokal dari Pituruh.

Dirinya berharap dengan adanya Pituruh Expo yang sudah dilaksanakan bertahun-tahun ini, produk-produk lokal tersebut dapat semakin dikenal dan dapat ditingkatkan kualitasnya.

Kusbandono selaku ketua Panitia menjelaskan Pituruh Expo akan digelar selama tujuh hari mulai Sabtu (17/8) hingga Sabtu (24/8). Selain pameran produk usaha dan kuliner, setiap hari juga akan ditampilan berbagai kesenian rakyat. Pada puncak acara akan ditutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk.

“Berbeda dari kecamatan lain, mulai pertengahan bulan Juli kegiatan ini sudah berjalan. Mulai dari kegiatan olahraga, kesenian hingga pertunjukan wayang kulit. Jumlah stand pada Expo tahun ini ada 89 stand, untuk produk UMKM ada 39 stand,” terang Kusbandono.