News

PKK Kroscek PHBS Di Desa

TP PKK Kabupaten Purworejo dengan dipimpin Ketua TP PKK Ny Hj Fatimah Verena Prihastyari SE langsung turun ke sejumlah desa dan kelurahan untuk melakukan kroscek lapangan terkait program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang menjadi program Pokja IV PKK. Salah satunya dilakukan di Kelurahan Kutoarjo Kecamatan Kutoarjo yang menyasar Perum Argopeni, pada Selasa (9/7).

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian penilaian PHBS. Tim penilai dari PKK kabupaten terdiri Ny Mujiayani Bambang, Ny Maini Widarto, Sugondo BA, dan dari Dinas Kesehatan. Tim penilai yang dipimpin Ny Fatimah Verena Prihastyari itu, diterima Sekcam Kutoarjo Galuh Bakti Pertiwi SSTP, Ketua TP PKK Kecamatan Kutoarjo Ny Susi Sumarjana, Plt Lurah Kutoarjo Sri Budi Yuli Astuti, Ketua PKK Kelurahan Kutoarjo Ny Ahmadi.  

Dalam sambutannya Ny Hj Fatimah verena Prihastyari SE, seperti kita semua tahu Toga PHBS merupakan Budaya Hidup Perorangan, Keluarga dan Masyarakat yang berorientasi sehat.  Bertujuan untuk melindungi dan memelihara, meningkatkan, kesehatannya baik fisik, mental maupun sosial. PHBS Rumah Tangga yakni upaya untuk memberdayakan anggota mempraktekkan prilaku hidup bersih dan sehat dan berperan aktif dalam gerakan kesehatan.

Sedangkan Sasaran PHBS rumah tangga, antara lain Pasangan Usia subur (PUS), Ibu hamil dan menyusui, anak dan remaja, usia lanjut, pengasuh anak. PHBS memiliki manfaat yang sangat penting bagi rumah tangga , terutama agar setiap anggota rumah tangga menigkatkan kesehatannya dan tidak mudah terkena sakit. PHBS kunci utama sehat, dengan melaksanakan PHBS maka keluarga sehat. PHBS untuk Jawa Tengah ada 16 indikator PHBS yang disebut RT sehat adalah strata utama ( 11-15 indikator ) dan paripurna ( 16 indikator)

“Kalau PHBS berjalan baik, tentunya akan dapat meningkatkan produktivitas kerja anggota rumah tangga, sehingga biaya kesehatan bisa dialihkan untuk pendidikan atau mengembangkan usaha. Sangat pentingnya PHBS, maka diharapkan semua masyarakat agar membudayakan hidup sehat mulai saat ini juga,” harap Ny fatimah.

Sekcam Galuh Bakti Pertiwi mengatakan, untuk tahun lalu lomba PHBS Kecamatan kutoarjo maju tingkat provinsi. Harapanya untuk tahun ini optimis bisa kembali maju ke tingkat provinsi mewakil Kabupaten Purworejo. Tentunya setelah lomba agar PHBS tetap terus dilakukan. Perum argoni Kelurahan Kutoarjo ini supaya bisa jadi inspirasi dan jadi contoh kelurahan dan desa yang lain.  

            Dalam penilaian tersebut, tim penilai selain kroscek administrasi dan data dukung, juga dilakukan kunjungan ke rumah-rumah warga. Antara lain yang dilihat tentang kebersihan rumah, kamar mandi hingga dapur, dan pemanfaatan halaman rumah. Juga mengkonsumsi makanan sehat dan membuat menu setiap 10 hari, serta membuang sampah pada tempatnya. Juga meninjau pameran yang merupakan usaha rumahan warga Argopeni.  

 

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan