News

Penetapan Caleg Terpilih Ditunda

Rencana yang dijadwalkan awal Juli untuk agenda penetapan perolehan kursi partai politik (Parpol) dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Purworejo hasil Pemilu 2019, belum dapat terlaksana sehingga diputuskan untuk ditunda.  Penundaan itu ditegaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo Drs Dulrohim. Sedianya menggelar rapat pleno penetapan pada Kamis (4/7), tetapi karena ditunda maka diganti dengan rapat koordinasi persiapan penetapan sekaligus simulasi perolehan kursi., di Hotel Sa jaya Inn Purworejo.

Menurut Dulrohim, penundaan penetapan dilakukan karena adanya surat dari KPU Republik Indonesia yang memerintahkan penundaan penetapan perolehan kursi Partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Pemilu 2019. “Kami menyampaikan permohonan maaf, sedianya hari ini diagendakan rapat pleno terbuka penetapan. Namun di detik-detik terakhir kami menerima surat dari KPU RI,” jelasnya.

Dalam surat itu kata Dulrohim, Mahkamah Konstitusi (MK) akan memberikan informasi secara spesifik kepada KPU setelah MK melakukan pencatatan perkara permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Namun, hingga saat ini KPU RI belum menerima informasi secara resmi dalam bentuk surat dari MK mengenai hal itu. Sehingga dalam surat itu juga disampaikan agar KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota melakukan penundaan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD provinsi dan Kabupaten/kota tahun 2019.

Mengingat sudah terlanjur mengundang pihak-pihak terkait, antara lain dari partai politik, unsur forkopimda, dan Bawaslu, serta telah menyiapkan segala sesuatunya termasuk menyewa tempat penyelenggaraan. Sehingga acara rapat pleno penetapan diganti dengan rapat koordinasi persiapan penetapan. Dalam acara ini kemudian juga dilakukan simulasi perolehan kursi. “Kami sudah terlanjur mengundang dan menyewa tempat di hotel, sehingga kami manfaatkan untuk simulasi perolehan kursi masing-masing partai se-Kabupaten Purworejo. Saya selaku pimpinan rapat mohon maaf sebesar-besarnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pengurus DPD Partai Nasdem Purworejo, Muhammad Abdullah mempertanyakan belum adanya kepastian sampai kapan penundaan dilakukan. Pasalnya, hal itu menjadi kendala ketika partai ingin melakukan penggantian calon terpilih. “Penundaan sampai kapan belum tahu, sedangkan akhir masa jabatan anggota legislatif kan sudah pasti tanggalnya. Mestinya kan kalau hari ini ada penetapan, relatif masih ada waktu sampai pertengahan Agustus kalau partai-partai ingin mengganti calon terpilih. Seharusnya tidak terjadi penetapan ditunda seperti ini,” katanya.

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan