Seputar Pemerintahan

Bupati Mutasi dan Rotasi 27 ASN Pemkab Purworejo

Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemkab Purworejo menerima putusan mutasi dan promosi dari Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM. Upacara Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo digelar di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, Jum’at (5/7).

Drs Pram Prasetyo Achmad MM dilantik sebagai Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, setelah sebelumnya menduduki sebagai Kepala Bappeda. Drs Sigit Budi Mulyanto MM dilantik sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, setelah sebelumnya menjabat Kepala Dinkominfo.

Sedangkan Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA ditetapkan kembali menjadi Inspektur Kabupaten Purworejo, usai lima tahun menjabat sebagai Inspektur. Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda yang sebelumnya dijabat oleh Bambang Gatot Seno Aji SE MM digantikan oleh Anas Naryadi SH MM, karena harus mengemban jabatan baru sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan.

Bupati saat memberikan sambutan mengatakan, pengembangan karier ASN khususnya dalam pengangkatan jabatan struktural bukanlah sebuah proses yang mudah dan sederhana bagi pejabat pembina kepegawaian yang berwenang.

Diperlukan banyak pertimbangan agar dapat memperoleh pejabat yang tepat untuk menduduki sebuah jabatan struktural (right man on the right place). Hal ini penting dilakukan karena menyangkut proses pengambilan keputusan yang tepat dapat meningkatkan motivasi dan kinerja aparatur ASN.

“Apa yang kita laksanakan hari ini adalah untuk menyempurnakan semua program-program yang telah kita laksanakan agar dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Bupati menambahkan, ada hubungan yang cukup signifikan antara motivasi kerja dan kinerja seseorang. Seseorang akan meningkat kinerjanya apabila dalam bekerja ia memiliki motivasi yang tinggi. Sedangkan orang yang memiliki motivasi yang rendah akan cenderung bekerja asal-asalan dan memiliki kinerja yang tidak memuaskan.

Untuk itu, lanjutnya, proses pengambilan keputusan khususnya dalam hal memilih dan menempatkan ASN dalam sebuah jabatan struktural memerlukan ketelitian, kecermatan, dan pertimbangan-pertimbangan yang matang

“Aparatur birokrasi merupakan orang-orang yang harus mau terus belajar untuk meningkatkan kemampuannya, belajar dari kesalahan di masa lalu untuk kemudian memperbaikinya, serta melakukan inovasi dalam pekerjaan,” imbuhnya.

Lebih jauh Bupati menerangkan, Pemkab Purworejo saat ini memang sangat memerlukan banyak ASN. Meskipun telah mendapatkan bagian rekruetmen ASN secara nasional, namun jumlahnya masih belum memadai.

“Kemarin kita baru mendapat 410 orang. Padahal yang dibutuhkan masih cukup banyak. Kedepan paling tidak kita membutuhkan 500 lebih ANS untuk mendukung kinerja dari organisasi kerja Pemkab Purworejo,” terangnya.

Dikatakan, tahun ini Pemkab Purworejo akan kehilangan sekitar 500 ASN yang akan pensiun. Jabatan Eselon II juga ada yang kosong karena banyak yang pensiun. Dirinya berharap kepada para pejabat yang telah memenuhi persyaratan, untuk segera mendaftar pada saat pansel nanti.

“Kedepan purworejo akan terus berkembang, sehingga membutuhkan ASN yang tidak sedikit. Saya ingin kepada ASN yang dilantik untuk dapat melaksanakan seluruh program meskipun dengan jumlah ASN yang kurang memadai,” pungkasnya.

Berita Terpopuler

Bupati Purworejo Jamin, SOTK  Clean and Clear
Seputar Pemerintahan

Bupati Purworejo Jamin, SOTK Clean and Clear

Kamis, 19 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menegaskan, untuk bisa menduduki jabatan tertentu seorang ASN ti....