Berita Purworejo

806 Calhaj Siap Tunaikan Ibadah Haji

Sebanyak 806 orang calon jamaah haji asal Purworejo bersiap untuk menunaikan ibadah haji tahun 1440 Hijriyah/2019 Masehi. Persiapan itu diawali dengan kegiatan bimbingan manasik haji, di Pendapa Kabupaten Purworejo, pada Jum’at siang (21/6). Kegiatan bimbingan manasik haji tersebut, dibuka Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, ibadah haji menuntut sejumlah syarat yang cukup berat yang harus dipenuhi. Dan syarat yang paling mendasar adalah mampu, baik secara fisik, psikis maupun biaya, serta memperoleh porsi haji. Begitu besarnya animo masyarakat untuk menunaikan ibadah haji, sehingga orang yang memiliki cukup uang untuk berhaji tidak bisa begitu saja langsung berangkat setelah mendaftar dan membayar biayanya. Masyarakat yang sudah membayar biaya haji masih harus antre hingga belasan tahun untuk dapat berangkat ke tanah suci.

“Relevan dengan hal tersebut, maka patut bersyukur karena Bapak Ibu telah mendapat porsi haji pada tahun ini. Jamaah calon haji, agar dapat mengikuti kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan oleh para pembimbing, selama pelaksanaan manasik haji. Sebab tujuan manasik haji adalah untuk membina kesiapan, baik secara jasmani maupun rohani, sehingga nantinya akan mendukung kelancaran proses ibadah haji sesuai dengan tuntunan, agar memperoleh predikat haji mabrur yang sangat kita cita-citakan,” tutur Yuli Hastuti.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Drs H Harwal Masyhuda mengatakan, tujuan manasik haji untuk memberikan bekal kepada calon jamaah haji supaya dalam melaksanakan ibadah haji dapat berjalan baik sesuai harapan dan mendapat predikat haji mabrur. Kegiatan bimbingan manasik haji ditingkat kabupaten ini merupakan bimbingan manasik yang pertama dan akan dilaksanakan dua kali pertemuan. Sedangkan bimbingan kelompok akan dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan.

 “Jumlah calon jamaah untuk tahun ini seluruhnya mencapai 806 orang. Usia tertua 93 tahun dan usia termuda 23 tahun. Jamaah haji asal Purworejo akan tergabung dalam kloter 31, 32, 33, 34 dan kloter 95. Rencana akan berangkat pada tanggal 15 Juli, 16 Juli dan terakhir 5 Agustus 2019 mendatang. ” jelasnya.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....