Get Adobe Flash player
Home Potensi Unggulan Ternak Hasil Olahan Susu

 

Hasil Olahan Susu

Di Kabupaten Purworejo, budidaya dan potensi kambing Peranakan Etawa memang belum optimal. Oleh karena itu upaya peningkatan potensinya terus dipacu. Nilai tambah kambing ini selain bentuk dan warnanya, sudah barang tentu dagingnya. Bahkan susunya pun diyakini memiliki “kelebihan tersendiri” untuk kesehatan yang berbeda dengan jenis kambing lainnya, ini berarti potensi pula untuk dioptimalkan.

Kambing Peranakan Etawa dapat beranak 3 kali dalam dua tahun dengan variasi anak 1-3 ekor per kelahiran. Namun, jumlah kelahiran dan intensitas kelahirannya sangat tergantung pada umur dan kondisi tubuh ternak tersebut. Makin baik pemeliharaannya tentu akan semakin baik pula kuantitas kelahiran dan kualitas yang dilahirkannya.

Saat ini tengah dikembangkan susu kambing Etawa sebagai konsumsi sehari-hari yang ternyata berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan (maag). Kandungan protein, lemak Ca, Vitamin A dan Niacin yang tinggi sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Bagi para eksekutif dan pemikir bangsa tentu tak salah bila mencoba minum susu Etawa ini. Rasanya yang khas disertai kandungan gizi yang spesifik yaitu setara ASI, non kolesterol membuat susu Etawa mudah dicerna dan dapat dikonsumsi untuk anak-anak. Hasil susu kambing Etawa sangat bervariasi berkisar antara 1,5-2,7 liter/hari /ekor dengan masa laktasi 5-7 bulan sehingga sangat memungkinkan untuk dibudidayakan sebagai penghasil susu. Melihat potensi besar Peranakan Etawa yang demikian unik dan menjanjikan, tak lengkap kiranya bila belum mencoba dan membuktikan sendiri. Monggo...kami tunggu.

 

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id