Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi PKK DWP Pasok Sembako Di Pengungsi Wonotopo

PKK DWP Pasok Sembako Di Pengungsi Wonotopo

TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo memasok sembako berupa bahan makanan juga pakaian untuk para pengungsi di Desa Wonotopo. Para pengungsi mengalami rumahnya rusak karena terkena bencana tanah bergerak. Bantuan diserahkan Ketua TP PKK Ny Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE dan  Ketua DWP Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon, yang langsung diterima Kepala Desa Wonotopo Amat Kozaki didampingi Camat  Gebang Drs Sigit Hariyadi beserta ketua TP PKK Gebang. Bersamaan dengan itu Dinsosdukkabpppa juga menyerahkan bantuan berupa kasur, selimut, dll. 

Ny Fatimah Verena Prihastyari menyampaikan maksud memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian PKK dan DWP untuk meringankan beban para pengungsi. Terutama bahan bahan makanan seperti beras, minyak, sayuran, bumbu, lauk, dan sejenisnya, termasuk pakaian dalam. “Harapannya bantuan ini bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masak di dapur umum, sehingga pengungsi teurusi dengan baik. Bantuan ini merupakan kekompakan PKK dan DWP, tentunya kedepan supaya terus kompak dalam kegiatan,” tutur Ny Riri.

Menurut Ny Riri, desa bisa bekerjasama dengan instansi terkait untuk memberikan kegiatan bagi para pengungsi. Bisa berupa pelatihan keterampilan maupun memberikan motivasi menumbuhkan semangat untuk terus beraktifitas, meski dalam situasi mengungsi. Termasuk menghibur pengungsi anak-anak, sehingga tetap merasa nyaman tinggal ditempat pengungsian,” kata Ny Riri pada penyerahan bantuan kepada para pengungsi di desa Wonotopo hari ini Jum’at (29/12).

Camat Gebang Drs Sigit Hariyadi mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kepedulian TP PKK dan DWP Kabupaten Purworejo yang langsung memberikan bantuan serta mengunjungi para pengungsi dan lokasi rumah rusak yang terkena dampak tanah bergerak. Jumlah pengungsi mencapai 550 orang yang ditempatkan di empat Posko. “Untuk pemenuhan makan sehari-hari menyiapkan masakan 550 bungkus kali 3 untuk pagi siang dan sore. Sedangkan untuk desa Pakem mulai kemarin hanya makan sore sebanyak 200 bungkus. Sehingga dapur umum setiap harinya harus menyuplai makanan 750 bungkus. Namun Alhamdulillah logistik masih cukup sampai dua hari kedepan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Amat Kozaki melaporkan, bencana tanah bergerak terjadi pada Senin malam (18/12) yang mengakibatkan 31 rumah rusak berat dan ringan, dengan jumlah KKnya 36. Sedangkan para pengungsi selain yang mengalami rumahnya rusak dari 36 KK itu, juga penghuni yang terdampak retakan yakni yang tinggal dibawah retakan, dan dimungkinkan jika terjadi retakan akan terkena. “Termasuk jalan desa juga rusak yang mengakibatkan putus dan tidak bisa dilalui sepanjang 1 kilometer,” katanya.

Sedangkan perkembangan terbaru lanjut Amat Kozaki, pada Minggu (24/12) kemarin didatangai dari Tim Geologi Bandung yang melakukan penelitian kondisi tanah. “Hasil penelitiannya baru bisa diketahui setelah 10 hari, mudah-mudahan bisa cepat sehingga ada kepastian kondisi tanah bisa ditempati kembali atau harus relokasi. “Karena masyarakat yang mengungsi rata-rata ingin kembali dan tidak betah di pengungsian. Namun kami terus memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar tetap bertahan dan sabar di pengungsian demi keselamatan,” ujar amat Kozaki yang didampingi Kaur umum Wagino.

Ditambahkan Wagino, beberapa pengungsi mengalami sedikit kurang sehat yakni mengalami sakit gigi, kedinginan, pusing, batuk, pilek, dan masuk angin. “Memang sudah ada beberapa bantuan obat, namun yang untuk obat sakit-sakit tersebut masih kurang sehingga sangat dibutuhkan seperti obat sakit gigi, tolak angin, obat menghangatkan badan, obat pusing dan sejenisnya. Selain itu juga yang sangat mendesak dibutuhkan jas hujan untuk melakukan evakuasi ketika hujan,” jelasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 67 tamu online