Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Pendaftar Panti Wreda, Meningkat

Pendaftar Panti Wreda, Meningkat

Meningkatnya jumlah Lanjut Usia (Lansia), juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah Lansia yang mendaftar sebagai penghuni Panti Lansia Wiloso Wreda Kutoarjo. Berdasar data yang ada Pendaftar Lansia yang mengantri sebagai daftar tunggu sekitar 15 orang. Tentu ini menandakan keberhasilan usia harapan hidup, sehingga banyak Lansia yang sehat dan masih produktif, seperti di Panti Wiloso Wredo Kutoarjo ini.

Ungkapan tersebut disampaikan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon bersama penasehat DWP Ny Fatimah Verena Prihastyari SE dan sejumlah pengurus DWP, pada kegiatan anjangsana di Panti pelayanan Sosial  Lanjut Usia (Lansia) Wiloso Wredo yang berlokasi di Kutoarjo.

Lebih lanjut Ny Erna Said mengatakan, memang seharusnya kita selalu mmeberikan hormat kepada orang tua juga Lansia. lebih-lebih terhadap penghuni Panti ini, untuk berbhakti dan selalu menyayangi. “Apalagi penghuni panti ini merupakan Lansia yang membutuhkan perhatian, mengingat mereka berasal dari berbagai latar belakang. Ada yang tidak mempunyai saudara, tidak mempunyai anak hingga lansia yang terlantar,” tuturnya.

Maka lanjut Ny Erna Said, kami mengajak semua untuk meningkatkan jiwa empati dan simpati terhadap penghuni panti. “Juga jadi perhatian kita untuk menjadi bagian yang menyayangi mereka, agar mereka hidup bersemangat dan bermanfaat. Sehingga para Lansia tidak merasa sendiri dan selalu gembira serta optimis melakukan kegiatan. Seperti yang dilakukan Lansia dengan membuat berbagai kerajinan sapu, sulak, keset, dan sejenisnya,” kata ny Erna Said yang sambil menjelaskan kegiatan anjangsana sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT DWP ke 18 Kabupaten Purworejo.

Ny Fatimah Verena Prihastyari mengaku bangga dengan pelayanan di Panti karena semua Lansia diurus dengan baik, bahkan semuanya bersih rapi dan terjaga. Tentu ini tidak terlepas atas pewrhatian semua karyawan karyawati yang telah merawat dengan keihklasan dan penuh tanggungjawab.  “Termasuk perawatan yang di ruang isolasi karena Lansia sudah tidak bisa beraktifitas sendiri, sehingga membutuhkan perwatan yang lebih. Semoga keihklasan dalam merawat akan membawa berkah bagi semua,” harapnya.

Sementara itu Kepala Subag Panti Pelayanan Sosial Wiloso Wredo Tri Purnowo Sukron Aks Masi mengakui kapasitas kamar terbatas dengan jumlah seluruhnya 70 kamar, termasuk ruang isolasi. Untuk ruang isolasi tersedia 10 kamar namun diisi 17 Lansia yang sudah tidak bisa beraktifitas. Sedangkan semua kamar terisi yakni 70 lansia laki-laki dan perempuan yang rata-rata berusia natara 60 hingga 90 tahun.

Menurutnya, bagi Lansia yang masuk dalam daftar tunggu dapat masuk jika ada kamar yang kosong. “yang paling emmprihatinkan Lansia yang dalam ruang isolasi, karena kamarnya yang kurang sehingga harus diatur sedemikian rupa hingga bisa menampung semua lansia yang membutuhkan perawatan khusus. Mudah-mudahan di 2018 nanti dapat dilakukan penambahan kamar,” jealsnya.

Kegiatan  anjangsana yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT DWP ke 18 Kabupaten Purworejo tersebut, selain memberikan tali asih kepada Lansia juga diisi dengan bernyanyi bersama DWP dengan Lansia, dan mengunjungi kamar-kamar, serta ruang isolasi.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 66 tamu online