Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Bupati Tinjau Lokasi Tanah Retak Jelok

Bupati Tinjau Lokasi Tanah Retak Jelok

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meninjau posko siaga bencana di Balai Desa Jelok Kecamatan Kaligesing, Rabu (6/12), yang digunakan sebagai tempat pengusian sementara korban tanah retak. Sekaligus, memberikan bantuan sembilan bahan pokok kepada para pengungsi. Hingga kemarin, sejumlah 37 jiwa  dari 14 KK di Dusun Sibatur masih bertahan di lokasi pengusian Balai Desa Jelok.

Bupati didampingi sejumlah pejabat juga meninjau lokasi tanah retak di Sibatur. Sepanjang jalan, bupati juga melihat sejumlah ruas jalan di Dusun Sibatur sepanjang 700 meter retak dan nyaris amblas. Usai melihat kondisi jalan dan sejumlah rumah yang terdampak, Bupati menyatakan jika lokasi itu berbahaya dan meminta warga agar siap untuk direlokasi.

“Melihat kondisinya memang sudah membahayakan dan tidak layak untuk dihuni. Jadi masyarakat harus mau di relokasi,” kata Bupati.

Jika nanti dari hasil pengecekan dan penelitian pihak terkait, warga harus direlokasi, Bastian meminta agar masyarakat bisa memahami dan mengikuti. Dirinya juga meminta agar pihak yang memiliki kewenangan agar segera menyiapkan lahan relokasi. Bupati juga memberikan apresiasi kepada instasi dan sejumlah pihak yang terlibat dalam penanganan Bencana di Kabupaten Purworejo.

Ikut mendampingi Asisten 1 Sekda Drs Murwanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Budi Harjono dan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Dra Eny Sudiyati  MM.

Kepala Dinsos PPPA Eny Sudiyati menjelaskan, dari data yang diperoleh , total ada 10 rmh yang terdampak tanah retak di Jelok. Satu rumah hancur, rusak sedang satu, rusak ringan empat dan terancam empat rumah. Saat ini,  masih dilakukan pendataan dan akan segera mengusulkan data korban ke Kementerian Sosial agar dapat menerima bantuan.

“Kita akan mengusulkan bantuan berupa santunan kepada korban baik yang meninggal atau yang rumahnya rusak. Korban Meninggal akan mendapat 15 jt. Bantuan biaya relokasi min 5 jt smp 25 jt, tergantung kerusakan. Tdk hanya tanah longsor ttp jg rumah tertimpa phon. Semua diusulkan,” terangnya.

Pihaknya, juga sudah menyiapkan sejumlah dapur umum guna kebutuhan relokasi sementara pengungsi. Terkait persiapan tempat relokasi, Eni menjelaskan akan memastikan terlebih dahulu status tanah korban. Pihaknya juga akan  bekerjasama dengan BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum untuk menakasir kerugian.

Sementara itu, Kepala Desa terpilih Jelok, Feri Sulistyo menjelaskan, tiga kepala keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 15 jiwa rencananya akan dicarikan tempat tinggal sementara di luar wilayah Dusun Sibatur, Desa Jelok, Kecamatan Kaligesing. Rumah tinggal mereka yang selama ini ditempati mengalami rekahan di bagian tengah rumah dan tidak layak ditinggali.

Dijelaskan Feri, pihaknya belum bisa memastikan pengungsi yang ada akan kembali ke rumah masing-masing. Sebagian besar warga masih merasa takut dan tetap berada di pengungsian. Hanya waktu siang mereka mengecek keberadaan rumah, sementara malam hari kembali ke pengungsian.

"Memang retakan tidak mengenai rumah, tapi ada di bagian atas rumah ataupun di bawahnya. Hujan memang bisa mempercepat proses longsor. Kami menunggu adanya penelitian baru bisa mengarahkan warga kembali ke rumah mereka," imbuhnya.

Kepala BPBD Purworejo, Budi Harjono menyampaikan jika pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung untuk meminta dilakukan pengecekan dan penelitian lahan di Desa Jelok. Rencananya tim akan datang pada Jumat (8/12) malam dan Sabtu pagi (9/12) akan langsung turun ke lapangan.

"Kita belum tahu sebeberapa lama penelitiannya, hanya harapan kita bisa cepat ya sehingga segera ada kepastian bagi masyarakat. Memang sebelum ada penelitian kita belum berani mengarahkan agar warga pengungsi kembali ke tempat mereka tinggal," jelas Budi.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 162 tamu online