Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Cari Ikon Durian, Pemkab Gelar Festifal dan Lomba Durian

Cari Ikon Durian, Pemkab Gelar Festifal dan Lomba Durian

Guna mencari varietas unggul yang akan kita jadikan ikon durian Purworejo, Pemkab Purworejo menggelar Festival dan Lomba Durian Unggul Kabupaten Purworejo, Selasa (5/12). Ada delapan Kecamatan Penghasil durian di Purworejo yang mengirimkan durian unggulnya untuk diikut sertakan dalam lomba tersebut. Satu kecamatan yakni kecamatan Bruno mengudurkan diri dari lomba karena hasil panen duriannya telah habis.

Eko Anang SW selaku Ketua Panitia menjelaskan, kegiatan ini diadakan guna mencari varietas unggul yang akan dijadikan ikon durian Purworejo. Selama ini Kabupaten Purworejo memang belum memilik ikon durian unggulan seperti yang dimilik daerah penghasil durian lainnya.

Sebelumnya, lanjut Eko, DINPPKP telah merilis satu varietas durian unggul yaitu Sikatap dari Kecamatan Bener. Keunggulan Durian Sikatap yakni dagingnya tebal, hampir semua bijinya kempes, rasanya legit manis dan agak sedikit pahit.

“Kita sudah merilis satu varietas durian unggul yaitu Sikatap dari Kecamatan Bener dan mudah-mudaan pada tahun 2018 sudah dapat dilepas oleh Kementerian Pertanian. terang Eko.

Nantinya, tambah Eko, juara satu dua dan tiga pada lomba durian kali ini juga akan diusulkan ke Kementerian Pertanian untuk dapat menjadi varietas unggulan Purworejo. “Jadi totalnya nanti akan ada empat ikon durian Purworejo,” imbuh Eko.

Dikatakan Eko, ada tiga juri yang ditunjuk sebagai penilai lomba durian. Salah satu juri berasal dari Balai Sertifikasi dan Pengawasan Benih (BSPB). Para pemenang juga akan mendapatkan uang pembinaan, piagam dan piala.

Pada kegiatan tersebut juga juga diramaikan beberapa event yakni bazar buah Purworejo, bazar bibit buah dan aneka olahan durian. Para pengunjung juga bisa berselfie ria bersama putri durian.

Kegiatan yang digelar dihalaman Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DINPPKP) tersebut dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Purworejo Drs Murwanto didampingi Kasdim 0708 Purworejo Mayor Sulistiyono dan Kepala DINPPKP Ir Bambang Jati Asmara MA MT. Juga dihadir sejumlah Kepala OPD dan Intsansi di Kabupaten Purworejo.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM melalui Asisten Drs Murwanto mengatakan Kabupaten Purworejo merupakan salah satu daerah penghasil buah durian yang dianggap istimewa karena memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki durian dari daerah lainnya. Namun menurutnya, keistimewaan durian Purworejo itu hanya akan menjadi klaim sepihak apabila realitasnya durian Purworejo kurang dikenal oleh masyarakat luas.

“Diperlukan berbagai upaya agar durian Purworejo benar-benar dikenal dan dicari oleh para penggemar durian di seantero nusantara bahkan mancanagera. Salah satunya, melalui kegiatan yang menarik masyarakat luas utamanya penggemar durian, untuk datang dan berpartisipasi dalam Festival Durian Purworejo ini,” ujarnya.

Bupati berharap, Festival ini bisa menjadi agenda tahunan yang semakin meningkat kualitasnya, sehingga bisa menjadi salah satu ikon Kabupaten Purworejo.

Kepala DINPPKP Ir Bambang Jati Asmara MA MT juga menegaskan bahwa durian memang merupakan komiditas hortikultura unggulan di Kabupaten Purworejo. Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas durian, pihaknya telah melakukan kegiatan penanaman tanaman hortikultura unggulan. Salah satunya untuk durian, dengan telah dialokasikannya 3.000 batang pohon durian pada tahun 2017 ini.

“Pada tahun 2016, jumlah tanaman durian di Kabupaten Purworejo sebanyak 210 ribu batang atau setara dengan 2.100 hektar yang tersebar di Sembilan Kecamatan. Pada tahun ini kita bagikan 3.000 batang bibit durian unggul,” jelasnya.’

Menurutnya, permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan durian di Kabupaten Purworejo adalah serangan organisme pengganggu tanaman dan iklim yang kurang mendukung, misal curah hujan tinggi.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 158 tamu online