Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Puluhan Warga Diungsikan Di Baldes Jelok Kaligesing

Puluhan Warga Diungsikan Di Baldes Jelok Kaligesing

Bencana alam yang diakibatkan curah hujan tinggi disertai kencangnya angin melanda beberapa wilayah di Kabupaten Purworejo. Salah satu diantaranya Desa Jelok Kecamatan Kaligesing yang mengalami rumah retak karena tanah bergerak, yang dimungkinkan bisa terjadi tanah longsor. Sehingga warga diungsikan di Balai Desa Jelok.

Berdasar kejadian tersebut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Ridati Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan langsung ke Baldes tempat penampungan pengungsi. Kunjungan yang digagas Ny Riri Fatimah Verena Prihastyari SE, Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon, Ny Yuli Sutrisno, Ny Widyo, dan Ny Dewi Karsiyadi juga menyerahkan bantuan dari gabungan DWP dan Ridati.

Penyerahan bantuan dilakukan Ny Riri yang langsung diterima Kepala Desa Jelok di Balai Desa Jelok hari ini Kamis sore (30/11). Bantuan berupa sembako, susu, snack ringan, pakaian dalam, selimut, handuk, dan pakaian dewasa. Bantuan yang sama juga disalurkan untuk Desa Donorati Kecamatan Purworejo.

“Kami merasa terpanggil untuk sedikit meringankan beban para pengungsi, sehingga mereka tidak terpaku dalam kesedihan. Bantuan dari DWP dan Ridati mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi warga pengungsi. Saya pesan mengutamakan kesabaran, dan agar banyak berdoa. Memang harus mengahadapi cuaca ekstrim yang terjadi pada akhir-akhir ini, diharapkan semua warga untuk waspada dan hati-hati selalu melihat situasi agar bisa menyelamatkan diri dan keluarganya,” harap Ny Riri.

Ditambahkan Ny Erna Said, berdasarkan catatan data di desa Jelok rumah yang retak jumlahnya mencapai 21 rumah dari 21 KK dengan jumlah jiwa 62 orang. Bahkan yang 2 rumah sudah roboh. Dikhawatirkan bisa mengancam jiwa, sehingga 62 orang tersebut diungsikan. “Tentu warga yang mengungsi ini juga perlu diberi kesibukan bagi dewasa, sedangakn bagi anak-anak perlunya diberi permainan atau edukasi yang mneyenangkan. Karena tinggal dipengungsian bisa merasa jenuh jika tidak ada aktifitas.

“Bahkan ada salah satu pengungsi yang sedang hamil 9 bulan. Namun kesiap siagaan bidan desa yang terus memantau dan mendampingi perkembangan kehamilan, sehingga diharapkan Ibu dan bayinya bisa sehat hingga pada saat kelahiran. Selain itu yang perlu diperhatikan supaya warga pengungsi selalu emnjaga kesehatan, juga saling gotongroyong ditempat pengungsi. Mudah-mudahan bencana ini tidak berlanjut, meskipun antisipai dari BPBD Kabupaten Purworejo selalu siaga,” ujar Ny Said Romadhon.

Kades Jelok mengungkapkan rasa terimaksihnya kepada jajaran DWP dan Ridati yang telah memperhatikan masyarakat Desa Jelok. Untuk bantuan telah dikoordinir di Posko bantuan Desa Jelok sehingga penyalurannya tepat sasaran, Sedangkan logistik dll bagi para pengungsi ditangani BPBD Kabupaten Purworejo.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 155 tamu online