Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Sukogelap Gelar Merti Desa

Sukogelap Gelar Merti Desa

Sebagai wujud permohonan kepada Sang Pencipta agar mendapat keselamatan dan keberkahan sekaligus perwujudan rasa syukur, warga Desa Sukogelap Kecamatan Kemiri menggelar merti desa, Rabu (13/9). Sekitar 200 wadah berisi aneka makanan yang disebut ancak/ambeng, disediakan warga untuk para tamu undangan.

 

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Kepala Dinsos PPA Dra Eny Sudiyati MM dan Camat Kemiri Agus Ari Setyadi SSos. Hadir pula sejumlah anggota DPRD Purworejo Dapil Kemiri, seperti H Mukhtar Praptodihardjo, Eko Yanuar SIP, dan Supangat AMd.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengungkapkan bahwa merti desa, bersih desa, selamatan desa, sedekah bumi atau kegiatan sejenis, pada hakikatnya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan-Nya. “Karunia tersebut bisa berupa apa saja seperti rezeki, keselamatan atau juga keselarasan dan ketentraman,” katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini juga merupakan sebuah wadah dimana para penduduk bisa membina tali silaturahmi, saling menghormati, serta saling tepa selira. “Hal-hal tersebut, diakui atau tidak, sudah mulai jarang terkespresikan di dalam masyarakat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan dukungan sekaligus penghargaan kepada seluruh warga Desa Sukogelap, yang masih setia memelihara tradisi yang adiluhung. “Apabila nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan ini benar-benar diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, saya yakin kehidupan masyarakat Purworejo akan semakin damai dan kondusif dalam melaksanakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan,” tegasnya.

Menurut Plt Sekdes Sukogelap Darmaji, kegiatan merti desa tidak dilaksanakan rutin setiap tahun. Namun dalam masa jabatan seorang kepala desa, setidaknya dilakukan satu kali merti desa. “Kegiatan ini sudah direncanakan sejak dua tahun lalu, dan baru bisa dilaksanakan tahun ini,” ungkapnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 72 tamu online