Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Masih Banyak Purnawirawan TNI Polri Belum Masuk Pepabri

Masih Banyak Purnawirawan TNI Polri Belum Masuk Pepabri

Hampir setiap tahunnya ada anggota TNI Polri yang habis masa dinasnya sehingga memasuki masa pensiun menyandang sebagai purnawirawan. Bagi para TNI Polri yang memasuki purnawirawan telah disediakan wadah organisasi dibawah naungan Persatuan Purnawirawan ABRI (Pepabri). Namun banyak purnawirawan yang belum bergabung masuk menjadi anggota keluarga besar Pepabri.

 

Hal itu dikatakan pengurus Pepabri Kabupaten Purworejo yang menjabat Kepala Bidang Ekonomi Peltu AD (Purn) Ali Ma’ruf, saat ditemui disela-sela puncak peringatan HUT ke 58 Pepabri, digedung kantor Pepabri Purworejo hari ini Selasa (12/9). “Kami melakukan pendekatan-pendekatan kepada para purnawirawan yang belum masuk anggota. Rencananya kedepan akan memberikan brosur untuk mengajak purnawirawan bergabung dalam organisasi Pepabri,” jelasnya.

Menurut Ali Ma’ruf,  Pepabri yang beranggotakan 1380 orang akan dapat tumbuh semakin besar dan kuat. Lebih-lebih jika para purnawirawan TNI Polri ikut bergabung ke dalam Pepabri.  Apalagi Pepabri merupakan organisasi yang menjadi wadah para purnawirawan yang bertujuan menghimpun dan membina anggotanya untuk berpartisipasi mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu lanjut Ali Ma’ruf, Pepabri juga berperan serta dalam menyukseskan pembangunan nasional, memelihara stabilitas nasional serta meningkatkan kesejahteraan rohaniah dan jasmaniah para anggota dan keluarganya. “Tentu melalui wadah Pepabri, para purnawirawan dapat berperan aktif dalam melestarikan nilai-nilai kejuangan 45,” jelasnya

Dikatakannya, Pepabri juga sebagai Pembina Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (FKPPI), termasuk sebagai induk Persatuan Purna Angkatan Darat (PPAD), PPAU, PPAL, dan PP Polri. “Semua anggota Pepabri mendapatkan pelayanan yang akan diuruskan bila meninggal dunia yakni mendapatkan santunan dari Asabri. Bahkan jika meninggal, tercatat memiliki piagam yang ditanda tangani Presiden RI (Nararia), akan mendapatkan santunan berupa masih menerima gaji selama satu tahun. Selain itu anggota Pepabri, dimasyarakat masih ditokohkan sebagai pengayom masyarakat,” papar Ali Ma’ruf.

Terkait peringatan HUT ke 58 Pepabri Kabupaten Purworejo, dilaksanakan berbagai kegiatan seperti penghormatan kepada para pahlawan diwujudkan dalam ziarah di TMP projo Hnadoko Loyo dan dilanjutkan ziarah di makam Letjend (purn) Sarwo Edi Wibowo. Juga kegiatan bhakti social dengan melakukan anjangsana, tasyakuran, dan masih banyak kegiatn pendukung lainnya.

Puncak peringatan HUT Pepabri tersebut, dibuka Wakil Bupati Yuli Hastuti SH yang mengatakan, banyak sekali purnawirawan yang aktif untuk menjalankan pengabdian dan karyanya dalam rangka kontribusi pada pembangunan bangsa ini. “Saya berharap kiprah dan pengabdian itu, kiranya terus dilanjutkan oleh Bapak/Ibu purnawirawan sekalian. Karena yang namanya pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara memang tidak dibatasi oleh usia ataupun jabatan, sehingga selama hayat dikandung badan kita masih bisa memberikan pengabdian sesuai dengan kemampuan yang kita miliki,” tuturnya.

Menurut Yuli, para purnawirawan tentu memiliki pengalaman panjang dalam konteks pengabdian dan barangkali sedikit berbeda dalam kurun waktu pengabdian ini. Pengalaman dan konteks pengabdian ini penting untuk kita sadari, bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara akan terus berlanjut dengan tantangan-tantangannya sendiri, yang meniscayakan setiap generasi mesti mengemban misi sejarahnya sesuai dengan tantangan yang dihadapi.

“Kami yakin pada diri setiap para sesepuh dan keluarga besar Pepabri, tetap bersemi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit bagi keluarga besar TNI. Dan tetap bersemi pula Tri Brata dan Catur Prasetya bagi keluarga besar Polri. Oleh karena itu, kita semua senantiasa mengharapkan sumbangsih pemikiran dan dukungan bagi kelangsungan pembangunan yang sedang kita laksanakan,” harap Yuli Hastuti.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 70 tamu online