Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Bupati Mandikan Kambing Kaligesing

Bupati Mandikan Kambing Kaligesing

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menyiramkan air kembang memandikan kambing dalam prosesi baritan yang diadakan di pasar Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kamis (13/4). Kambing telah menjadi bagian masyarakat Kaligesing. Tidak sekedar kambing kaligesing yang dulu dikenal dengan kambing peranakan ettawa, masih banyak varietas lain yang dipelihara.

Pemilihan pembudidayaan kambing disesuaikan dengan tingkat ekonomi masyarakat serta orientasinya. Kambing-kambing kaligesing dipilih dengan tujuan bisa mendapat nilai jual tinggi, sementara jenis lain diarahkan pemenuhan kebutuhan konsumsi.

Tak pelak, kambing benar-benar mendapat tempat dalam masyarakat Kaligesing. Bahkan mereka memiliki acara khusus semacam tadisi untuk menjauhkan hewan dari petaka.

Disebut dengan istilah Baritan, tradisi yang diadakan setahun sekali ini dilakukan dengan jalan memandikan kambing yang dimiliki. Tidak tanggung-tanggung, memandikannya menggunakan air kembang.

"Dari tradisi ini kita harapkan kambing-kambing yang dipelihara selalu jauh dari penyakit dan peternak juga selamat," kata Sugiyartyo, salah satu peternak.
Sugiyarto menambahkan dirinya tidak terlalu paham sejak kapan tradisi itu digelar. Selama ini pun, kegiatan itu tidak dilakukan oleh seluruh desa, hanya desa-desa tertentu saja yang menyelenggarakan.

Kalaupun diadakan, baritan biasanya digelar dalam skala kecil seperti halny dalam kelompok tani. "Setidaknya masih tetap ada, dan kita berusaha tetap mempertahankan tradisi ini." Imbuhnya.

Dalam baritan tahun ini, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bersama Wakil Bupati Yuli Hastuti SH dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut menghadiri karena bersamaan dengan kegiatan Bupati Tilik Desa.

Bupati sendiri berkesempatan menyiramkan air kembang ke salah satu kambing kelas unggul yang ada di Kaligesing. Setelah itu, bersama masyarakat melakukan selamatan pemotongan tumpeng rojo koyo sebagai ungkapan terima kasih kepada sang pencipta.

"Adanya tradisi seperti ini cukup menarik dan saya harapkan Purworejo akan mampu mempertahankan kambing yang bagus," kata Bupati.

Sebelumnya Bupati beserta Wakil Bupati juga sempat melepas jalan sehat dalam rangkaian kegiatan Bupati Tilik Desa di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing.

Menurut Bupati, kesehatan merupakan salah satu modal yang sangat penting dalam kita menjalankan segala macam aktifitas kehidupan sehari-hari. Salah satu olahraga yang mudah dilakukan adalah dengan cara berjalan kaki.

”Salah satu olahraga yang paling murah dan paling mudah kita lakukan adalah dengan cara berjalan kaki. Sederhana dan mudah, tetapi memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh kita,” kata Bupati.

Di sela-sela sambutannya, Bupati juga memberikan sejumlah dorprize kepada warga masyarakat yang hadir. Bupati melempar beberapa pertanyaan sederhana, yang dijawab secara antusias oleh warga. Mereka saling berebut untuk menyajab dan mendapatkan dari Bupati.



 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id