Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi Kesulitan Mengkader Pengurus PKK

Kesulitan Mengkader Pengurus PKK

Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny.Riri Fatimah Verena Prihatyari SE mengatakan, gerakan PKK merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang bermitra dengan pemerintah telah ada dan diakui manfaatnya bagi masyarakat terutama dalam upaya peningkatan pembangunan dan kesejahteraan keluarga. “Seiring dengan perkembangan jaman ada banyak tantangan yang dihadapi, salah satu diantaranya sulitnya mencari kader PKK yang mau dan mampu. Tentu ini menjadi perhatian bersama untuk memberikan pemahaman pentingnya berperan dalam gerakan PKK,” tandas istri Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM tersebut, pada kegiatan pelatihan mutu kader PKK di Pendopo Kabupaten Purworejo.

 

Turut mendampingi Dra Titik Mintarsih MPd, Siti Khuzaimah dari Kementerian Agama Purworejo, Ny.Marhaeni Angko Setyarso Widodo, dan semua pengurus PKK kabupaten.
Lebih lanjut Ny.Riri mengatakan, gerakan PKK sangat diandalkan untuk mensukseskan program millennium Development Gold (MDGs). Pasalnya PKK bersentuhan langsung, sehingga berbagai program yang dilaksanakan untuk membantu pengentasan kemiskinan yang merupakan tujuan MDGs dapat tercapai. “Saya harap bisa menggalang dukungan dari masyarakat agar kader-kader PKK yang potensi dan mampu dapat mengikuti seleksi perekrutan perangkat desa dan berani mmeperjuangkan kebutuhan perempuan dan anak,” harapnya.

Menurut Ny.Riri, keluarga adalah kelompok terkecil dari suatu negara. Keluarga yang dididik dengan baik akan menciptakan negara yang baik, dan negara yang sejahtera diawali dari keluarga yang sejahtera. “Untuk itu saya minta menguatkan kelembagaan melalui kelompok dasa wisma, mengingat dasa wisma merupakan ujung tombak pembangunan berbasis keluarga. Sehingga jangan menunda besok, apa yang bisa dilakukan. Seperti melaksanakan fungsi dasa wisma antara lain pergerakan, penyuluhan, pencatatan dan pelaporan,” tuturnya.

Ketua panitia Ny.Marhaeni Angko Setyarso Widodo melaporkan, pelatihan mutu kader PKK melibatkan 250 orang terdiri 224 kader PKK dari 32 desa/kelurahan binaan, 14 orang dari 2 desa merah, 7 orang dari Desa Candingasinan Banyuurip yang merupakan desa P2MBG, dan 5 pengurus PKK. Pelatihan bertujuan meningkatkan motivasi para kader PKK, juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader dalam memberdayakan masyarakat, serta untuk memacu inovasi dalam pelaksanaan gerakan PKK.

Pelatihan yang berlangsung seharian tersebut, diisi materi teknis kelompok kerja I PKK hingga Pokja IV, juga materi kepemimpinan, administrasi dan keuangan, serta buku wajib PKK, juga materi dari Kemenag, yang masing-masing disampaikan sekretaris, ketua Pokja, dan narasumber.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

Iklan

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id