Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Semua Stakeholder Agar Dukung Germas

Semua Stakeholder Agar Dukung Germas

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mengatakan, keberhasilan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat. Masyarakat perlu digerakkan untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan semua fokus kegiatan tersebut dan dapat melaksanakan dalam kegiatan sehari-hari. “Untuk itu semua stakeholer bersama masyarakat agar mendukung Germas. Apalagi Germas sudah dicanangkan di Kabupaten Purworejo,” tandas Yuli Hastuti pada kegiatan sosialisasi Germas di SMAN 7 Purworejo hari ini Rabu (13/12).

Kegiatan yang diselengarakan Balai Kesehatan Masyarakat (Bakelmas) Wilayah Magelang tersebut juga dihadiri Kepala Bakelmas Magelang Sigit Setyo Boedi SKM Mkes, Kepala Dinkes Kabupaten Purworejo dr Kuswantoro Mkes, dan dinas instansi terkait.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan. saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi, yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain. Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktifitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

Menurutnya, Germas merupakan gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan, mulai dari menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, serta menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana. “Untuk itu Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,” harap Yuli Hastuti.

Untuk mewujudkan Germas lanjut Yuli Hastuti, perlu sebuah sosialisasi dan komitmen agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Sosialisasi Germas membutuhkan dukungan peran dari lintas sektor terkait. “Komitmen yang terpenting adalah bagaimana Germas bisa dijalankan, serta kebijakan pemerintah Kabupaten Purworejo dalam mengawal pelaksanaannya,” ungkapnya.

Sementara itu Sigit Setyo Boedi SKM Mkes dalam laporannya menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan di 7 kabupaten kota dibawah wilayah Bakelmas Magelang. Untuk tahun ini diagendakan di Kabupaten Purworejo. Tujuannya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Germas dan kesehatan lingkungan, melalui dunia pendidikan.

“Selain sosialisasi tersebut, kami juga melaksanakan kegiatan workshop pendampingan penanganan masalah kesehatan yang dibuka juga oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti dipusatkan di Hotel Suronegaran Selasa kemarin, dengan tujuan menyamakan persepsi lintas sektor dalam emndukung pelaksanaan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga,” jelas Sigit.

Dr Kuswantoro MKes menambahkan, kegiatan sosialisasi Germas ini diselenggarakan Bakelmas Magelang melibatkan 100 peserta terdiri UPT Dikpora kecamatan, tenaga pendidik SMP, dan tenaga pendidik SMA SMK. Sedangkan workshop pesertanya 35 orang terdiri 15 dinas instansi terkait, TP PKK, DWP, Perguruan Tinggi, LSM kesehatan,  dan Komisi penanggulangan AIDS,

“Bakelmas wilayah Magelang sebagai UPT Dinkes Provinsi Jawa Tengah melakukan upaya preventif dan promotif melalui sosialisasi dan advokasi. Diharapkan mampu membantu sinergitas lintas sektor dalam mengimplementasikan program utama bidang kesehatan. Salah satunya di Kabupaten Purworejo ini,” kata Kuswantoro.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 77 tamu online