Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Bupati Minta 85 Kades Segera Rangkul Masyarakat

Bupati Minta 85 Kades Segera Rangkul Masyarakat

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meminta 85 Kepala Desa setelah resmi dilantik untuk segera melaksanakan amanah dengan penuh ikhlas dan tanggungjawab, untuk memajukan desa sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat meningkat ke arah yang lebih baik. “Terutama yang harus dilakukan, segera menata kembali masyarakat.  Rangkullah mereka jadikanlah mitra dalam mengemban tugas Saudara, dengan keyakinan bahwa para pihak yang dahulu pernah berseberangan, sesungguhnya memiliki kesamaan keinginan untuk membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandas Bupati pada pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala Desa.

 

Pelantikan kepada 85 Kepala Desa tersebut dipusatkan di Pendopo Kabupaten Purworejo  yang juga dihadiri Forum Pimpinan Komunikasi Daerah, Sekda Drs Said Romadhon, Kepala Dinpermasdes Sumharjono SSos MM, camat, dan dinas insatnsi terkait.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, peran dan tanggung jawab kepala desa ke depan akan semakin berat seiring dengan meningkatnya tantangan perubahan zaman. Sebagai seorang pemimpin administrasi pemerintahan di tingkat desa, Kades harus mampu menjadi pemimpin bagi seluruh perangkat desa dalam menyelenggarakan fungsi pemerintahan dan juga sebagai teladan bagi masyarakat.

Menurut Bupati, seperti diketahui bersama saat ini kita telah memasuki era baru seriring dengan diterbitkannya Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa. Undang-undang ini untuk mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat. Di samping mendorong perluasan kesejahteraan, Undang-Undang Desa ini diharapkan bisa semakin menyempitkan disparitas atau kesenjangan wilayah yang selama ini menjadi tantangan pembangunan nasional.

“Perlu diingat bahwa kewenangan dan alokasi dana yang besar yang diamanatkan dalam UU Desa itu, tidak ada satu pasal pun yang mengisyaratkan monopoli kebijakan kepala desa. Bahkan, kepala desa akan memikul tanggung jawab yang lebih besar untuk mempertanggungjawabkan semua kewenangan dan pengelolaan dana yang akan dilakukan, baik kepada masyarakat maupun lembaga yang berwenang. Sehingga penggunaan anggaran harus transparan, akuntabel dan hasilnya benar-benar bermanfaat sesuai peruntukannya,” harap Bupati.

Sementara itu Sumroharjo SSos MM menjelaskan, Kepala desa yang dilantik jumlahnya 85 Kades dari hasil pemilihan Kades tahun ini. Harapannya Kepala Desa untuk langsung melakukan koordinasi dengan PJ Kepala desa, dalam menyiapkan SPJ kegiatan yang tertuang di APBDes tahun anggaran 2017. Maka harus segera karena APBDes terakhir diproses paling lambat 20 Desember 2017 ini. Termasuk setiap desa diwajibkan untuk mendukung terwujudnya transparansi pengelolaan keuangan desa.

“Untuk itu dalam upaya transparansi anggaran, desa wajib membuat informasi grafis terkait pelaksanaan realisasi kegiatan tahun 2017 dan perencanaan kegiatan dalam APBDes tahun 2018. Selain itu Kades agar bekerja secara maksimal untuk mewujudkan pembangunan desa,” jelasnya.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 79 tamu online