Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan SDN Keburuan Bersinergi Dengan Koramil Didik Siswa

SDN Keburuan Bersinergi Dengan Koramil Didik Siswa

Sekolah SD Negeri Keburuan Kecamatan Ngombol bersinergi dengan Komando Rayon  Militer (Koramil) Kecamatan Ngombol, melakukan kerjasama dalam mendidik siswa siswi. Terutama dalam hal penanaman pendidikan karakter. Selain merupakan program Koramil juga menjadi nilai plus bagi pihak sekolah, karena memiliki sasaran yang tepat untuk menanamkan karakter sejak pada pendidikan siswa siswi sekolah dasar.

Bentuk pendidikannya menurut Kepala Sekolah SDN Keburuan Martono SPd, salah satu diantaranya melalui upacara bendera pada Senin pagi yang dipimpin langsung dari pihak Koramil sebagai pembina upacara yang dilanjutkan pemyuluhan wawasan kebangasaan juga bela negara. Termasuk penyampaian tentang pentingnya kedisiplinan, cinta tanah air, bertoleransi, bergotong royong, menjaga kesatuan dan persauan, serta dalam hal tata krama.

Tentu kegiatan pendidikan karakter ini menjadi menarik apalagi yang menyampaikan langsung dari TNI, dalam hal ini Koramil. Juga perlunya sekolah-sekolah yang berada dipinggiran kota bisa tersentuh “Karena kebanyakan siswa siswi mengaku kagum dengan sosok Tentara sebagai pembela negara. Bahkan ketika murid ditanya cita-cita, rata-rata ingin jadi tentara, selebihnya dokter, guru, polisi, dll.” jelas Martono ditemui saat jam mengajar istirahat.

Martono menjelaskan, kegiatan penanaman pendidikan karakter disekolah merupakan program Koramil. Tentunya perlu berkesinambungan, mengingat anak-anak akan tumbuh menjadi generasi muda yang akan berperan dalam pembangunan negara Indonesia kedepan. “Maka dengan wawasan kebangsan yang menguraikan tentang cinta tanah air, bela negara, hingga toleransi, bisa terpatri sejak usia anak-anak, yang dapat di implementasikan sedini mungkin,” harap Martono yang didampingi guru sekolah R Sutopo.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Kecamatan Ngombol Kapten Bambang Wahyudi mengatakan, program penanaman pendidikan karakter merupakan tindak lanjut dari perintah Komandan Kodim. Untuk wilayah Ngombol dilaksanakan sudah dimulai yang sasarannya semua sekolah SD, SMP, dan SMA. Dengan tujuan memberi pehamanan kepada siswa siswi tentang pentingnya cinta tanah air, kedisiplinan, tata krama, dan nilai-nilai luhur Pancasila untuk diterapkan dalam lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. “Hingga saat ini sudah mencapai 70 persen dari jumlah keseluruhan...........sekolah,” jelas Bambang Wahyudi.

Menurutnya, program ini akan berlanjut terus tanpa batas waktu mengingat cinta tanah air, sopan santun, dll sudah mulai luntur. Dicontohkan, ada anak sekolah yang tidak hafal lagu Indonesia Raya, ada juga yang tidak hafal Pancasila. “Jika dibiarkan akan berbahaya, karena jadi mudah dimasuki paham-paham yang lain. Apalagi dengan menjamurnya media sosial, mudahnya akses IT melalui HP, warnet, laptop dan sebagainya. Justru yang ikut paham teroris, malah anak-anak yang pandai. Maka menjadi tantangan buat kita untuk terus melakukan pendekatan sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terutama di wilayah Kecamatan Ngombol,” harapnya.

Sementara itu terkait kegiatan sekolah menurut R Sutopo, selain akademik, dan bekerjasama dengan Koramil, juga kegiatan tambahan seperti estarkurikuler olahraga, Pramuka, drumband, dayung, dll. Sedangkan jumlah murid keseluruhan mencapai 77 anak dari kelas 1 – 6. “Untuk guru hanya 8 orang, yang sebenarnya sangat kurang. Apalagi juga harus nyambi urusan tata usaha. Seharusnya ada tambahan tenaga tata usaha, sehingga guru tugasnya bisa maksimal dalam mengajar. Sementara kalau sekolah merekrut sendiri, tidak mampu bayar. Karena sekolah sudah menggaji 3 orang guru yang berstatus non PNS. Harapannya ada solusi dari Dindikpora untuk kelancaran pembelajaran di SDN Keburuan,” ujar Sutopo.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 156 tamu online