Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Meski Hujan Upacara Hari Guru Tetap Berlangsung

Meski Hujan Upacara Hari Guru Tetap Berlangsung

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 72 Kabupaten Purworejo tetap dilaksanakan, meski dalam suasana hujan. Upacara yang semula akan dilaksanakan di alun-alun Kutoarjo dialihkan di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, pada Sabtu pagi (25/11). Sebagai inspektur upacara Hari Guru tersebut, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dengan perwira upacara Kabid Kepemudaan Dan Keolahragaan Dindikpora Kab Purworejo Drs Basuki Budi Raharjo. Termasuk hadir FKPD, Kepala OPD, pengurus PGRI, dan dinas instansi terkait.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo DR Ahmad Kasinu MPd menjelaskan, upacara hari ini tetap dilaksanakan karena persiapannya yang sudah lengkap. Sehingga sebagai antisipasi bilamana bertepatan waktunya dengan hujan maka dilakukan pengalihan tempat. Dengan mengambil tempat di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati ini. “Namun tetap khidmat tidak mengurangi makna dari upacara itu, hanya bedanya untuk bendera merah putih sudah langsung dinaikkan,” jelas Kasinu.

Sedangkan Bupati yang membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Efendy mengatakan, Tema Hari Guru kali ini adalah “Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru”. Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Peraturan Presiden no 87/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Peraturan Presiden tersebut mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan. Mereka memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Disamping itu, guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelola kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Menurutnya, urgensi penguatan karakter ini semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi di masa-masa yang akan datang. Peserta didik saat ini adalah calon Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga. “Oleh karena itulah kita mendukung guru-guru kita untuk terus bekerja keras mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan beraklak mulia. Untuk itu guru harus dapat berperan sebagai “the significant other” bagi peserta didik. Guru harus menjadi sumber keteladanan,” harapnya.

Dikatakan, momentum Hari Guru Nasional hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Di sisi lain, apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil. Sebab, tak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru. Jadi apapun kita saat ini, guru-guru kita pasti ikut mewarnai bahkan bisa jadi merupakan salah faktor penentu keberhasilan kita.

Sementara itu panitia Hari guru yang juga Kepala UPT Dikpora Kecamatan Kutoarjo Supriyati SPd menjelaskan, peserta upacara sekitar 2000 orang yang melibatkan berbagai unsur pendidik yakni guru sekolah negeri maupun guru sekolah swasta, semua Kepala UPT Dikpora, pengurus PGRI kabupaten hingga kecamatan, Kepala sekolah, dan pelajar SLTA. Selain itu juga mengikutkan drumband dari tiga sekolah antara lain SMK Sawunggalih Kutoarjo, SMPN 3 dan SMPN 5 Purworejo. Untuk paduan suara dari kelompok guru-guru UPT Dikpora Kecamatan Kutoarjo.

"Selain upacara, juga dilakukan berbagai kegiatan seperti ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo dengan pimpinan ziarah Kepala Dikpora Bapak Dr Ahmad Kasinu MPd. Termasuk digelar jalan sehat bersama dan tasyakuran," jelasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 78 tamu online