Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Perpustakaan Gelar November Ceria

Perpustakaan Gelar November Ceria

Berbagai upaya dilakukan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo (Arpusda) Kabupaten Purworejo, untuk mengajak masyarakat lebih mencintai perpustakaan. Diantaranya dengan menggelar kegiatan November cerianya perpustakaan yang berlangsung selama sebulan penu yang bertema Perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat.

 

Kegiatan November ceria yang diisi sosialisasi PIRT, SIUP, BPOM dan Kemasan, tersebut dibuka Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, di pendopo rumah dinas Kutoarjo.  Turut mendampngi Kepala Dinas Arpusda  Tri Joko Pranoto SIP beserta sejumlah pejabat Arpusda, dan dinas instansi terkait sebagai pemateri.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, dalam perkembangannya perpustakaan memang telah mulai lebuh maju bukan hanya tempat untuk membaca atau meningkatkan budaya literasi, tetapi juga menjadi pusat kegiatan masyarakat dengan berbagai macam kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tentunya perpustakaan bisa dijadikan sebagai rumah kedua. Karena di dalamnya tidak saja memuat informasi yang dapat mencerdaskan, namun juga bisa  menimbulkan inspirasi untuk membuat suatu karya yang bermanfaat bagi diri dan orang lain, serta dapat menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai ekonomis.

Menurutnya, bukan perkara mudah dalam mentransformasikan perpustakaan daerah menuju pusat informasi pembelajaran yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap layanan yang relevan. “Tentunya citra negatif perpustakaan yang identik dengan tempat yang membosankan dan membuat orang malas datang, harus terus diupayakan untuk dihilangkan. Sehingga perpustakaan benar-benar bisa menjadi pusat untuk belajar dan berkegiatan masyarakat yang berbasis teknologi informasi,” tandas Yuli Hastuti.

Sementara itu Kepala Dinas Arpusda Tri Joko Pranoto SIP menjelaskan, kegiatan november cerianya perpustakaan ini dimaksudkan untuk memberi ruang bagi masyarakat dalam peningkatan pengetahuan dan kualistas sumber daya masyarakat dengan tujuan mewujudkan peran perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan melalui berbagai macam kegiatan pelibatan masyarakat.

Menurut Menot,  konsep perpustakaan menjadi pusat belajar masyarakat ini terinspirasi program Perpuseru yang digagas sejak 2015 silam. “Maka yang kita lakukan, dengan melibatkan masyarakat penggunaan teknologi informasi serta melakukan advokasi.  Inspirasi lainnya yakni adanya Duta Baca Najwa Shihab. Sehingga, Dinas Arpusda berencana mendeklarasikan Bunda Baca dengan mengangkat sosok Yuli Hastuti yang juga wakil Bupati Purworejo. Karena Bu Yuli  banyak mendukung kegiatan perpustakaan,” jelas Menot yang didampingi Kasi Deposit dan Pengelolaan Arpusda Rahmadi Wahyu Widodo SIP MM.

Ditambahkan Widodo, kegiatan tersebut diikuti 50 orang yang terdiri dari masyarakat umum dari organisasi perempuan, remaja, dll. Sedangkan selama november ceria akan dilakukan berbagai kegiatan sekitar 15 kegiatan diantaranya sosialisasi ini,  kelas menulis dan jurnalistik untuk SMP SMA/SMK, English Conversation Class, komputer dasar untuk perangkat desa, pelatihan design grafis, pelatihan rias wajah, pemutaran film pelajar, dan masih banyak lagi. “Selain itu juga diadakan berbagai lomba yang akan melibatkan peserta dari TK, SD, SMP, dan SMA SMK. Yang terpenting berbagai kegiatan ini sebagai upaya mengubah mindsed bahwa perpustakaan bukan hanya untuk pinjam dan baca buku saja,” ujar Widodo.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 42 tamu online