Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan KPU Purworejo Ajak Masyarakat Sadar Pemilu

KPU Purworejo Ajak Masyarakat Sadar Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo terus mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu mendatang. Salah satu diantaranya sosilaisai melalui kegiatan gerakan jalan sehat sadar pemilu. Kegiatan itu sebagai upaya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) terutama pada Pemilihan gubernur dan wakil gubernur, yang akan berlanjut dalam pemilihan legislatif, dan presiden. Kegiatan gerakan jalan sehat diawali dengan penandatangan deklarasi gerakan sadar Pemilu yang dilakukan perwakilan dari pemilih pemula, Ketua FKUB Purworejo, wakil pemilih perempuan  Ketua GOW Purworejo, Ketua Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP), dan pemilih marginal yang diwakili Ketua Kelompok Pemulung Purworejo.

Penandatanganan deklarasi tersebut, disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon yang sekaligus membuka gerakan jalan sehat sadar pemilu. Pembukaan ditandai dengan pengibasan bendera start di SMAN 7 Purworejo pada Minggu pagi (29/10).

Dalam sambutannya Sekda mengatkan, pendidikan Pemilih merupakan salah satu upaya untuk menanamkan nilai-nilai yang berkaitan dengan Pemilu dan demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Utamanya kepada warganegara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dalam Pemilu atau pemilih potensial dalam rentang waktu kemudian. Pendidikan pemilih dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, yakni keterlibatan pemilih pada keseluruhan periode siklus pemilihan maupun periode di luar pemilihan.

Menurutnya, untuk kegiatan gerak jalan sehat gerakan sadar pemilu menjadi elemen strategis dalam mewujudkan Pemilihan yang partisipatif. Hal ini sejalan dengan amanat konstitusi, karena tingginya angka partisipasi pemilih merupakan salah satu variabel untuk mengukur kesuksesan Pemilihan.

Disamping itu kata Sekda, pelaksanaan kegiatan jalan sehat ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam rangka mengingatkan seluruh masyarakat, tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga. Hal itu memang senantiasa penting untuk diingatkan, karena sebagian masyarakat masih belum menyadari arti pentingnya menjaga kesehatan.

Sementara itu Drs Dulrohim menjelaskan, dalam kegiatan ini selain diikuti masyarakat umum juga melibatkan warga disabilitas dan warga marginal seperti pemulung untuk besama-sama menkampanyekan sadar Pemilu. Ini merpakan pijakan awal untuk membangun gerakan sadar Pemilu  secara berkelanjutan. “Kita menginginkan semua elemen masyarakat bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik bahwa Pemilu sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, merupakan suatu yang penting bagi kehdupan besama,” jelas Dulrokhim.

Dulrokhim menambahkan, pemberian suara merupakan suatu yang sakral dan fundamental dalam menentukan kebijakan demokrasi. Karena satu suara ikut menentukan perpindahan kekuasaan dari pemilih sebagai pemegang kedaulatan atas Negara. “Dalam kegiatan ini juga menyampaikan pemberian informasi kepemiluan, pemahaman mengenai aspek-aspek Pemilu serta demokrasi,” tuturnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 45 tamu online