Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Dinkominfo Minta Pelajar, Gunakan Internet Dengan Cerdas

Dinkominfo Minta Pelajar, Gunakan Internet Dengan Cerdas

Sebagai upaya antisipasi penyalahgunaan keberdaan warung internet (warnet), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purworejo melakukan pembinaan pengguna jasa warnet game net untuk pelajar SLTP dan SMK, yang berlangsung hari ini Rabu (11/10) di Hotel Palza Purworejo. Salah satunya untuk mengajak para pelajar berkegiatan positif dalam menggunakan internet didalam warnet

Hal itu terungkap pada kegiatan pembinaan yang dibuka Kepala Dinas Kominfo Drs Sigit Budi Mulyanto MM, yang diwakilkan Kasi  Pelaporan dan Pengelolaan Informasi Edy Suprono SH. Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DR Ahmad Kasinu MPd, perwakilan Polres AKP Prayogo Setyabudi, dan Dinsosdukkbpppa.

Seperti dikatakan Edy Suprono, warnet yang merupakan sarana jasa internet tentu penggunaannya harus betul-betul yang positif. Terutama dalam mengakses internet agar digunakan secara cerdas sehingga bermanfaat bagi pelajar. Apalagi pelajar sebagai generasi penerus bangsa tentu harus mengarah untuk menjadi generasi yang berkualitas, sehingga akan menjadi generasi yang handal dan mandiri.

Dikatakan,  internet merupakan gudang ilmu dan informasi apapun tersedia. Maka gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya. Dalam menggunakan warnet supaya betul-betul mengambil dari segi positif. “Jangan sampai membolos sekolah hanya untuk ke warnet bermain game net. Tentu ini merugikan diri sendiri juga masa depannya. Pelajar harus bisa mengkanter untuk menggunakan internet sebagai wawasan ilmu pengetahuan terutama perkembangan kemajuan tehnologi,” harap Edy Suprono.

Sementara itu Kadindikpora DR Ahmad Kasinu MPd dalam penyampaian materi memaparkan tentang pengendalian jasa warnet. Yakni warnet merupakan bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Tentunya memiliki fungsi, selain menambah pengetahuan dan komunikasi menjadi cepat, juga memudahkan mencari informasi serta sebagai wahana hiburan.

Menurutnya, dampak penggunaan warnet dalam pendidikan seperti menyalahgunakan dengan mengakses hal-hal negative misalnya penganiayaan, pornografi, kekerasan fisik dll. Ini yang harus dihindari, karena akan mempengaruhi perkembangan anak sekolah. “Yang harus diperhatikan manfaatkan warnet untuk kegiatan positif yakni melakukan riset, menulis, mencari informasi, atau mengirim informasi. Lakukan akses internet yang bisa menggali ilmu untuk kecerdasan dalam menunjang pembelajaran,” tandas Ahmad kasinu.

Sedangkan AKP Prayogo Setyabudi selaku narasumber menanggapi keluhan salah satu guru SMP yang merasa prihatin dengan adanya warnet yang disalahgunakan untuk mesum, dan bilik warnet tertutup sehingga memudahkan untuk berbuat negative.

Keluhan itu menurut Prayogo Setyabudi, akan ditindaklanjuti dengan melakukan pengecekan dilapangan bersama dinas instansi terkait. “Kami mohon bantuan masyarakat kalau ada warnet yang mencurigakan segera laporkan ke kepolisian. Kami akan turun lapangan, karena termasuk mengganggu ketertiban dan melanggar aturan yang tidak sesuai dengan peraturan pendirian usaha warnet,” tegasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 132 tamu online