Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan DINSOSDUKKBPPPA Gandeng TNI Gelar Lomba Kreatifitas Anak

DINSOSDUKKBPPPA Gandeng TNI Gelar Lomba Kreatifitas Anak

Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOSDUKKBPPPA) menggandeng TNI yakni Batalyon Mekanis 412 Purworejo, Kodim 0708 Purworejo, dan Komunitas Ceria Anak Nusantara (KCAN), menggelar kegiatan pojok kreatifitas anak Purworejo, yang dipusatkan di Taman cerdas Kabupaten Purworejo (7/10). Kegiatan dalam rangka HUT ke 72 TNI itu, dibuka Bupati Purworejo yang diwakilkan Kepala Dinas SOSDUKKBPPPA Dra Eny Sudiyati MM.

Hadir pula Wakil Komandan Batalyon Mekanis 412 Purworejo Mayor Infantri Ricky Wuwung, Kabid PPPA Kenik Mujianingsih SH MM, perwakilan Kodim, dan pengurus KCAN, serta dinas instansi terkait. Kegiatannya berupa lomba yang diikuti anak PAUD/TK, dan diikuti tenaga pendidik PAUD/TK, juga pameran alutsista TNI Purworejo.

Dalam sambutannya Eny Sudiyati mengucapkan, selamat HUT TNI yang telah bekerjasama dalam kegiatan ini.  Indonesia memiliki potensi luar biasa pada periode tahun 2010 – 2035, yakni sumber daya produktif yang sangat besar jumlahnya. Apabila kesempatan emas itu dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, maka akan menjadi bonus demografi yang sangat berharga, namun sebaliknya bila tidak mampu dikelola dengan baik dapat menjadi bencana demografi yang luar biasa.  Generasi emas tersebut harus disiapkan dari sekarang yakni anak-anak usia 0-9 tahun  dan usia 10-19 tahun, agar tahun 2045 mampu mengangkat Indonesia menjadi Negara maju dan menjadi kekuatan 8 besar dunia melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif dan berkelanjutan.

Relevan dengan hal itu lanjut Eny Sudiyati, maka keterlibatan pihak swasta dalam proses pembangunan serta pengembangan sumberdaya manusia di Kabupaten Purworejo termasuk pendidikan bagi generasi muda, sangatlah penting dan strategis. Upaya memajukan dunia pendidikan memang tidak bisa hanya dibebankan di pundak pemerintah, namun membutuhkan keterlibatan semua pihak.

“Akhirnya saya mengajak kepada para orangtua dan tenaga pendidik, untuk senantiasa berupaya mewujudkan mimpi anak-anak kita. Salah satunya dengan memberikan dukungan dan motivasi dalam kerangka komunikasi yang baik, agar anak-anak kita dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Apalagi Kabupaten Purworejo telah meraik predikat sebagai Kabupaten Layak Anak, sehingga sudah semestinya mampu memberikan ruang yang lebih baik bagi proses tumbuh kembang anak-anak,” harap Eny Sudiyati.

Wakil Komandan Batalyon Mekanis 412 Purworejo Mayor Infantri Ricky Wuwung mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu kedekatan antara TNI dengan masyarakat. Sesuai tema HUT TNI ini yakni Bersama Rakyat TNI kuat, hebat, professional siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. “Kami saat ini juga menampilkan berbagai Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista), supaya masyarakat bisa lebih mengenal alat-alat perang yang dimiliki TNI khususnya yang ada di Purworejo. Silahkan masyarakat melihat secara dekat, karena keberadaan alutsista dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,” ujar Ricky.

Sementara itu Kenik Mujianingsih mengatakan, kegiatan ini diikuti 250 peserta terdiri anak PAUD TK dan pendidik. Sedangkan tujuannya untuk menyalurkan kreatifitas dan energi anak diruang publik. Juga pemanfaatan taman cerdas untuk kegiatan. Permainan yang dilombakan antara lain fashion show mengenakan baju TNI, mewarnai, geguritan, permainan tradisional. Untuk pendidik lomba mendongeng dan bakiak.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 112 tamu online