Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan 6 Sekolah Terima Penghargaan Adiwiyata

6 Sekolah Terima Penghargaan Adiwiyata

Penilaian sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan pada Juli lalu, menghasilkan terbaik I hingga harapan III. Antara lain Terbaik I,II, III diraih SDN Kliwonan Purworejo, SDN Semawung Kecamatan Purworejo, SDN Jenar Lor Kecamatan Purwodadi. Disusul harapan I, II, III oleh SDN Kragilan Kecamatan Gebang, SDN Borokulon 2 Kecamatan Banyuurip, dan SDN Samping Kecamatan Kemiri.

 

Masing-masing Sekolah tersebut menerima penghargaan berupa piala dan piagam yang diserahkan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, pada kegiatan sosialisasi Saka Kalpataru di gedung PKK Kabupaten Purworejo pada Selasa (29/8). Hadir pula Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo, Kwarda Jawa Tengah, dan Kwarcab Purworejo.

Selain itu juga diserahkan piala sebagai penghargaan lomba Lingkungan hidup bersih antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Purworejo. Yakni  Juara I diraih Dinas Perindustrian dan tenaga kerja, Juara II Dinas Lingkungan Hidup, dan juara III Dinas Perhubungan.

Dalam sosialisasi tersebut Wabup Yuli Hastuti mengatakan, keberadaan Saka Kalpataru  merupakan wahana untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka Penegak dan Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Dikatakan, Saka Kalpataru dibentuk untuk mengutamakan isu lingkungan dalam Gerakan Pramuka terkait isu pengelolaan sampah, perubahan iklim dan dan konservasi keanekaragaman hayati. Pembentukan Saka Kalpataru ini sekaligus untuk membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup, karenamereka berhak mendapatkan lingkungan hidup yang nyaman dan sehat.

“Saka Kalpataru juga memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga memberi bekal kehidupan dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan nasional dan peningkatan ketahanan nasional,” tandas Yuli Hastuti.

Menurut Yuli Hastuti, Saka yang bergerak di bidang lingkungan hidup ini bermula dari kesepakatan bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, tentang Pelaksanaan Program dan Kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Melalui Saka Kalpataru ini, kita siapkan generasi mendatang yang berkualitas melalui lingkungan hidup yang baik dan sehat serta dibekali pendidikan karakter yang memadai. “Saya berharap, keberadaan Saka Kalpataru khususnya di Kabupaten Purworejo akan eksis dan mampu memberikan warna dalam pembinaan kaum muda Indonesia. Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam bidang pelestarian lingkungan hidup,” harap Yuli Hastuti.

Plt Kepala Dinas LH Bambang Sugito SH mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan anak didik tentang saka kalpataru dibidang pengelolaan lingkungan hidup. Seperti pengelolaan sampah terpilah, bank sampah, Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekolah, dan kantin sehat menuju sekolah Adiwiyata. Peserta sosialisasi diikuti 80 pelajar dari 10 sekolah SMA,MA, dan SMK.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 101 tamu online